Perajin Batik Tulis Lasem Bangga Hasil Karyanya Dipakai Belasan Pemimpin Negara ASEAN

KONGKRIT.COM – Perajin batik tulis Lasem Maranatha Ongs, Henri Setiawan warga Desa Karangturi sangat terharu dan bahagia usai hasil karyanya dan beberapa karya perajin Batik Tulis Lasem dipakai belasan pemimpin negara anggota ASEAN saat Acara besar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN beberapa waktu lalu.

Henri mengisahkan, pada 15 Juli 2023 lalu, ada tamu dari Sekretaris Negara datang ke rumahnya yang berada di Desa Karangturi.

“Awalnya saya pikir bercanda, sampai akhirnya mereka berniat mau membeli batik untuk KTT ASEAN,” ujar Henri, Senin kemarin (18/9/2023).

Menurut Henri, mereka mengunjungi beberapa tempat, karena batik pesisiran tak hanya dari Lasem. Pada tanggal 15 Agustus 2023, mereka memastikan jika para tamu KTT ASEAN memakai produk batik dari Maranatha.

Baca Juga :  Mari Tinjau Strategi Bisnis yang Paling Efektif, Simak E-Commerce No. 1 Andalan Penjual dan Pembeli

“Mereka juga ke beberapa tempat, kan batik pesisiran banyak di Lasem, juga ke beberapa tempat,” terangnya.

Lebih lanjut Henri mengatakan, perwakilan dari pemerintah datang ke rumahnya dan langsung memilih produk. Semuanya serba mengejutkan, dan produk yang dibeli sangat diteliti kualitasnya.

“Kalau perasaan ya senanglah, karena dari beberapa tempat dan pesisir banyak perajin. Bangga juga bisa mewakili perajin Rembang, paling tidak puas dengan  dengan karya kita. Apalagi itu kurasinya langsung dari istana, tentunya kita lebih bersemangat untuk tetap berkarya,” ungkap Henri.

Dia berharap, batik tulis Lasem semakin eksis di taraf internasional. Generasi muda pun diharapkan lebih bangga dengan seni budayanya sendiri.

Penulis: Mifta, Kominfo Rembang
Editor: ARS

Baca Juga :  Penambak Udang Keluhkan Rumitnya Perizinan Kepada Wapres

Komentar