Komandan Lantamal XIII Lepas Rombongan Route Merah Ekspedisi Maritim 2023

KONGKRIT.COM – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIII Laksamana Pertama TNI Deni Herman, S.T., M.A.P., M. Tr.Opsla., CHRMP., CFrA. Melepas Pemberangkatan Rombongan Expedisi Maritim Route Merah Lantamal XIII Tahun 2023, yang berlangsung di Islamic Center, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (06/09).

Ekspedisi Maritim 2023 adalah sebuah perjalanan yang dibentuk oleh TNI AL di wilayah Kalimantan untuk membangkitkan semangat maritim sebagai salah satu upaya pembinaan territorial matra laut dalam rangka Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) serta dapat menggali dan menemukan Sejarah-sejarah kejayaan TNI AL di masa lampau di route-route yang dilalui.

Dalam sambutannya, Danlantamal XIII menyampaikan bahwa Ekspedisi Maritim yang dilaksanakan TNI AL dalam memperingati HUT-nya yang ke-78 tentunya sarat akan pesan. Keterkaitan dengan tugas dalam Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut serta mendukung visi Pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, merupakan pesan mulia yang akan disampaikan di sepanjang perjalanan.

Baca Juga :  Gubernur dan Mendagri Digugat Lagi Terkait Hasil Keputusan 11 Kursi DPRD Jalur Pengangkatan

“Visi Indonesia sebagai poros maritim telah didengungkan Pimpinan Nasional kita. Masing – masing dari kita, seluruh komponen bangsa harus mengambil peran dalam mewujudkan visi itu, karena kejayaan itu ada disanaā€¯, pungkas Laksma TNI Deni.

Pada kesempatan ini, Ekspedisi Maritim Route Merah Lantamal XIII melaksanakan perjalanan dari Kota Tarakan yang dimulai dari Islamic Center beriringan dengan jajaran Forkopimda Kota Tarakan dan Club Otomotif Kota Tarakan menuju Dermaga Mamburungan Mako Lantamal XIII, yang kemudian dilepas melalui jalur laut menuju Tanjung Selor dilanjutkan menuju Ibu Kota Negara (IKN) dengan melintasi berbagai etape sampai dengan tanggal 10 September 2023 mendatang.

Adapun ekspedisi ini akan melaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya Pembinaan Potensi Maritim, Bakti Sosial, Pengobatan Umum, Penanaman Mangrove dan Panggung Prajurit. (Bayu/Dispen)

Baca Juga :  Memupuk Jiwa Patriotisme, Komandan Lantamal XIII Pimpin Upacara Bendera

Komentar