Kalapas Klas II B Lubuk Basung, Suroto Lakukan Penandatangan Perjanjian Kerjasama dengan Kajari Agam

KONGKRIT.COM – Kalapas Klas II B lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, Suroto melaksanakan kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Kepala Kejaksaan Negeri Agam, Burhan, SH dalam rangka penanganan masalah hukum baik Perdata maupun Perkata Tata Usaha Negara (PTUN) di Aula lapas lubuk Basung pada hari ini Kamis tanggal 10 Agustus 2023.

Menurut Kalapas Suroto, perjanjian kerja sama ini kami laksanakan sebagai bentuk kerjasama pemberian bantuan hukum yang diberikan oleh pihak Kejaksaan Negeri Agam kepada pihak Lapas karena jaksa berfungsi sebagai jaksa pengacara negara yang berhak sesuai undang – undang mewakili pihak aparat penegak hukum lainnya seperti pihak Lapas Lubuk Basung apabila harus menghadapi gugatan hukum di Pengadilan seperti gugatan praperadilan.

Baca Juga :  Ops Lilin Samrat-2020 Pengamanan Nataru, Polres Minsel Dirikan Satu Pos Yan dan Enam Pos Pam

Kalapas Suroto melanjutkan, dengan telah diberikan Surat Kuasa Khusus oleh pihak tergugat, jaksa Pengacara negara ini yang akan bertindak mewakili dalam proses persidangan. Bahwa dalam proses pidana para terdakwa selama dalam masa penahanan ada juga yang merasa dirugikan atau penahanan yang tidak sesuai prosedur dan menganggap dirinya perlu mengajukan gugatan praperadilan.

Dalam rangka melindungi diri dari para pihak yang merasa dirugikan maka diharapkan bantuan dari pihak Kejaksaan Negeri Agam yang berfungsi sebagai jaksa pengacara negara memberikan bantuan hukum.

“Sebagai sesama Aparat penegak hukum, ini adalah bentuk Sinergitas dimana saling mendukung satu sama lain. Diharapkan kedepannya akan terjalin kerjasama yang lebih baik lagi,” katanya.

Baca Juga :  Wartawan SEKBER Berbuka Bersama dengan Tokoh Masyarakat Mayor TNI (Pur) Imam Syafei¬†

Diungkapkan lagi oleh Kalapas bahwa kegiatan penandatangan kedua belah pihak ini dapat terlaksana berkat adanya dukungan Kakanwil Kemenkumham Sumbar, Haris Sukamto. ( Nas )

Komentar