Ini yang Dilakukan Kades Poanaha Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Konawe, Kongkrit.com—Kades Poanaha kecamatan Puriala kabupaten Konawe melaksankan program mulai infrastruktur sampai pemberdayaan masyarakat dengan kegiatan yang ditujukan kepada masyarakat mulai tahap pertama sampai tahap ke dua yaitu dengan program sanitasi rumah sehat 28 unit, dan pekerjaan itu yang terletak di dusun 1 dan 2 sampai dusun 3.

“Dalam kegiatan ini kami mengacu kepada peraturan dan juknis, sebelum menjalankan program kegiatan kita selalu musyawarahkan dengan masyarakat dan tokoh masyarakat,” ujar Murni selaku kepala desa Poanaha kepada Kongkrit.com, Jum’at (30/8/2019).

Dijelaskan, di desa Poanaha tokoh masyarakat, serta masyarakat itu sendiri saling gotong royong kalau ada kegiatan – kegiatan, dan mengenai kegiatan balai desa, angggarannya kurang lebih 140 juta, kami laksanakan pada tahap 2, serta pelatihan posyandu serta insetifnya, serta makanan tambahan bayi dan ibu hamil.

Baca Juga :  Bupati Labuhanbatu Silaturahmi Bersama Ketua Komite Sekolah di Tiga Kecamatan

Selain itu kata Kades, juga pengadaan alat kasida rabana, dan baju 30 lembar, sama kegiatan talud penahan air, dan itu panjang sekitar 100 meter dari kiri ke kanan, dan angggaran itu seratus juta lebih, dan kegiatan terletak di dusun 2.

“Mengenai penggunaan dana desa tahap 3, sampai saat ini belum turun, karena kami masih menunggu penyelesaian pekerjaan tahap 2. Dalam DD tahap 2 ini juga ada bedah rumah 1 unit bagi masyarakat tidak mampu, itu anggaranya 15 juta dengan ukuran 5X7 meter,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan Kades, jumlah masyarakat ada sebanyak 137 kepala keluarga (KK) dengan mata pencarian yang dilakoni warga desa Poanaha rata – rata membuat batu merah, bahkan ada yang berkebun kelapa sawit.

Baca Juga :  Menyambut HUT ke 75 RI, Persit KCK PD I/Bukit Barisan Gelar Baksos

“Saya berharap melalui dana desa ini, kita bisa mensejahterakan masyarakat.
Dan kami bersyukur ada anggaran dana desa yang diturunkan oleh pemerintah pusat, sangat bermanfaat dalam menopang kegiatan masyarakat dan juga mengurangi kemiskinan dan penganguran utamanya di desa Poanaha,” ungkap Murni.
(Usman)

Komentar