Transformasi Infrastruktur Jalan dan Jembatan di Sumatera Barat Menuju Indonesia Emas 2045

×

Transformasi Infrastruktur Jalan dan Jembatan di Sumatera Barat Menuju Indonesia Emas 2045

Bagikan berita
Salahsatu ruas jalan provinsi yang ada di Kabupaten Pasaman telah selesai dilaksanakan tahun 2023
Salahsatu ruas jalan provinsi yang ada di Kabupaten Pasaman telah selesai dilaksanakan tahun 2023

"Secara keseluruhan kegiatan di Bina Marga sudah selesai, sekarang tinggal pekerjaan finishing. Kita yakin pekerjaan tersebut terlaksana sesuai kontrak, dan sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat banyak," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah provinsi Sumatera Barat terus berusaha mendukung visi Indonesia Emas pada tahun 2045.

Salahsatunya melalui Dinas BMCKTR Sumbar dengan memperlancar akses transportasi antar wilayah Kabupaten /Kota demi kelancaran dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Dalam menuju Indonesia Emas minimal akses jalan kita harus mempunyai kondisi jalan yang baik dengan persentase 80 persen dari 100%. Saat ini kondisi jalan provinsi yang baik baru mencapai 69%, jadi perlu peningkatan secara berkesinambungan," jelasnya.

Dikatakan, tahun 2024 ini alokasi dana untuk Kegiatan di Dinas BMCKTR Sumbar berkurang dari sebelumnya, karena APBD Provinsi Sumatera Barat juga tersedot untuk Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, seperti pelaksanaan pemilu dan pengawasan pemilu.

"Tiap tahun dana kita terus berkurang, apalagi tahun ini APBD kita juga tersedot untuk Pemilu serentak, namun kita terus memaksimalkan kegiatan yang menjadi skala prioritas lebih diutamakan," ungkapnya.

Diketahui, untuk mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045 merupakan langkah pemerintah dalam membangun Indonesia untuk menjadi Megatrend Dunia yang semakin sarat akan persaingan yang sangat ketat.

Pemerintah dalam mewujudkan hal tersebut membangun pilar Visi Indonesia 2045 sebagai bahan acuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa demi mewujudkan indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian menjadi acuan setiap langkah pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan.

Pencapaian impian dan visi Indonesia Emas 2045 dibangun dengan 4 pilar berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar berbangsa, bernegara dan konstitusi.

4 Pilar Visi Indonesia 2045 yaitu: Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan, Pemerataan Pembangunan, dan Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan.

Editor : Fiyume
Bagikan

Berita Terkait
Terkini