Khusus Pencaker! Ini 8 Tes Psikotes Kerja, Yang Terakhir Paling Menjebak

×

Khusus Pencaker! Ini 8 Tes Psikotes Kerja, Yang Terakhir Paling Menjebak

Bagikan berita
Ilustrasi tes psikotes.
Ilustrasi tes psikotes.

Tes deret angka merupakan salah satu bagian dari tes matematika atau tes numerik. Tes ini menyuguhkan variasi pola yang terdiri dari deretan angka yang belum selesai.

Dikutip dari Sistem Kejar Semalam 100% Pasti Lulus Tes Masuk Psikotes dan TPA Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta oleh Hermawanto Ary Sulijah (2014: 19), deret angka adalah barisan angka yang memiliki prinsip dan pola yang jelas serta berkelanjutan.

Pola deret angka dapat diperhatikan dari angka satu ke angka selanjutnya. Polanya ini bisa berupa pengurangan, penjumlahan, pembagian, ataupun perkalian.

Tes deret angka bertujuan untuk menguji kemampuan seseorang dalam menganalisis permasalahan dan tingkat emosionalnya. Oleh karena itu, tes ini sering dijumpai dalam psikotes untuk masuk ke perguruan tinggi ataupun melamar kerja.

4. Soal Cerita Matematika

Soal cerita matematika merupakan salah satu tes yang sering dijumpai ketika ujian. Butuh ketelitian tinggi agar tidak sampai terkecoh dengan contoh soal matematika cerita yang dibuat si pembuat soal.

5. Tes Matematika Dasar

Matematika dasar psikotes menjadi salah satu tes dasar yang diujikan dalam proses rekrutmen kerja. Tidak hanya tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), matematika dasar psikotes juga diujikan dalam tes rekrutmen perusahaan swasta.

Matematika dasar psikotes termasuk dalam kelompok tes logika. Tes ini disuguhkan untuk mengetahui kemampuan berhitung peserta dalam menyelesaikan soal matematika. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam buku Smart Modul Psikotes karya Tim Cerdas Edukasi (2016).

Pada dasarnya, matematika psikotes tidak sulit lantaran tes tersebut berasal dari soal-soal hitungan SD, SMP, dan SMA. Misalnya, penjumlahan, perkalian, deret angka, hingga soal cerita. Kendati demikian, para peserta tes harus mampu mengerjakan soal matematika dasar psikotes sesuai dengan durasi yang ditentukan.

Editor : RC 008
Sumber : YouTube @KitaLulus
Bagikan

Berita Terkait
Terkini