Jangan Ketinggalan! Ini 4 Program Mudik Gratis Lebaran 2024

×

Jangan Ketinggalan! Ini 4 Program Mudik Gratis Lebaran 2024

Bagikan berita
Jangan Ketinggalan! Ini 4 Program Mudik Gratis Lebaran 2024. (Foto : Dok. Istimewa)
Jangan Ketinggalan! Ini 4 Program Mudik Gratis Lebaran 2024. (Foto : Dok. Istimewa)

Sementara itu, truk pengangkut sepeda motor akan diberangkatkan satu hari sebelumnya, yakni pada tanggal 3 April dari Terminal Pulogadung.

Pada saat kepulangan, bus-bus akan mengantar pemudik kembali ke Jakarta dari 19 terminal tujuan, menuju Terminal Terpadu Pulo Gebang pada tanggal 14 April 2024. Sedangkan truk pengangkut sepeda motor pemudik akan diberangkatkan pada tanggal 13 April 2024.

Tata Cara Pendaftaran Mudik Gratis Pemprov DKI:

  1. Pendaftaran Online: Pendaftaran dilakukan secara online di situs resmi yang disediakan.
  2. Kelengkapan Administrasi: Peserta harus menyertakan kelengkapan administrasi yang diperlukan.
  3. Verifikasi: Setelah berhasil mendaftar, calon peserta melakukan verifikasi dengan membawa foto kopi kelengkapan administrasi ke lokasi verifikasi terdekat.

4. Mudik Gratis BUMN

Sejumlah perusahaan pelat merah, atau yang dikenal sebagai BUMN (Badan Usaha Milik Negara), mengadakan program mudik gratis pada Lebaran 2024.

Menteri BUMN, Erick Thohir, melalui keterangan resmi yang dikeluarkan di Jakarta pada Selasa 5 Maret, menyatakan bahwa program mudik gratis BUMN ini merupakan agenda rutin yang menunjukkan komitmen BUMN dalam memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Untuk tahun ini, terdapat 84 BUMN dan anak perusahaan pelat merah yang menggelar program mudik gratis. Total pemudik yang akan dilayani mencapai 80.215 orang.

Mereka akan menggunakan tiga moda transportasi yang disediakan, yaitu 1.225 unit bus, 60 unit kereta api, dan 15 unit kapal laut.

Program mudik gratis BUMN ini melayani pemudik dengan tujuan ke 200 kota di seluruh Indonesia, sehingga memberikan akses mudik yang luas bagi masyarakat.

Bagi yang ingin mendaftar, pendaftaran untuk Mudik Bersama BUMN telah dibuka sejak 1 Maret 2024. Prosedur pendaftaran dapat dilakukan melalui platform masing-masing BUMN tanpa dikenakan biaya apapun.

Sebagai contoh, untuk mudik gratis yang diselenggarakan oleh Jasa Raharja, masyarakat dapat mengakses platform pendaftaran melalui halaman mudik.jasaraharja.co.id.

Informasi lebih lanjut terkait program mudik gratis ini juga dapat diperoleh melalui media sosial resmi Kementerian BUMN dan BUMN terkait lainnya.

Editor : Fiyume
Sumber : cnnindonesia.com
Bagikan

Berita Terkait
Terkini