Bahas Permasalahan Sampah, Pj Wali Kota Gelar Rapat Mendadak di Lokasi TPA Regional

×

Bahas Permasalahan Sampah, Pj Wali Kota Gelar Rapat Mendadak di Lokasi TPA Regional

Bagikan berita
Permasalahan sampah yang kian meresahkan di Payakumbuh
Permasalahan sampah yang kian meresahkan di Payakumbuh

KONGKRIT.COM - Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman, memimpin rapat mendadak di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional, Minggu (17/3/2024), bersama dengan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), membahas permasalahan sampah yang semakin meresahkan di kota tersebut. Sebelumnya, Jasman melakukan inspeksi ke tempat-tempat pembuangan sampah ilegal di berbagai titik di Kota Payakumbuh.

Dalam rapat tersebut, Jasman memerintahkan agar semua sampah di Kota Payakumbuh harus segera diangkut dan kota tersebut harus bersih dari tumpukan sampah. Dia juga menginstruksikan seluruh OPD terkait, Camat, dan Lurah untuk melakukan piket di lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi tempat pembuangan sampah sembarangan, dengan koordinasi Pol PP.

Jasman juga mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan meminta agar pelanggaran tersebut segera dilaporkan. Dia juga memerintahkan kepada Kasatpol PP Kota Payakumbuh untuk melakukan razia di titik-titik krusial yang berpotensi menjadi tempat sampah baru.

Sebagai solusi sementara, Pemko Payakumbuh akan membangun transfer DEPO sampah sementara di dekat breeding farm yang berlokasi di dekat TPA regional Payakumbuh.

Mewakili DPRD Kota Payakumbuh, ketua Komisi C Ahmad Zifal menyampaikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh Pemko Payakumbuh dalam mengatasi permasalahan sampah. Dia berharap dengan kolaborasi yang baik, permasalahan ini dapat segera teratasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh, Desmon Korina, menginformasikan bahwa jumlah sampah Kota Payakumbuh per hari mencapai 80-85 ton, sedangkan yang dibuang ke TPA Aia Dingin Padang hanya sebanyak 60 ton. Dia juga menekankan pentingnya perhatian bersama untuk mengurangi produksi sampah di Kota Payakumbuh.

Rapat tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua Komisi C DPRD Kota Payakumbuh, Sekda Kota Payakumbuh, Asisten II, Kadis LH, Kadis Pertanian, Kadis PUPR, Kasatpol PP, Kakan Kesbang Pol, Camat, Lurah, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta beberapa tokoh masyarakat.

Editor : HN. Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini