Kenapa Pentapan 1 Ramadan di Indonesia Bisa Berbeda?

×

Kenapa Pentapan 1 Ramadan di Indonesia Bisa Berbeda?

Bagikan berita
Kenapa Pentapan 1 Ramadan di Indonesia Bisa Berbeda?
Kenapa Pentapan 1 Ramadan di Indonesia Bisa Berbeda?

Metode ini memungkinkan untuk memperkirakan awal bulan berdasarkan perhitungan matematis.

Sejarah dan Perbedaan Paham Keagamaan

Perbedaan dalam penetapan awal Ramadan juga mencerminkan perbedaan sejarah dan pandangan keagamaan antara NU dan Muhammadiyah.

Sebelum kita membahas lebih jauh terkait perbedaan ini, mari kita fahami terlebih dahulu sejarah dan pemahaman dari kedua organisasi ini.

Sejarah NU

Dilansir dari kanal Goodnewsfromindonesia.id NU sendiri didirikan di tahun 1926, kemudian dikenal sebagai organisasi Islam tradisionalis yang mengakui berbagai mazhab dalam fikih.

NU menempatkan toleransi terhadap budaya lokal selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

Sedangkan menurut news.solopos.com, NU didirikan di Surabaya pada 31 Januari 1926 atau tepatnya pada 16 Rajab 1344 oleh seorang ulama dan para pedagang untuk membela praktik islam tradisional serta kepentingan ekonomi anggotanya. Organisasi ini dipimpin oleh KH HasyimAsy’ari sebagi Rais Akbar.

Sejarah Muhammadiyah

Sementara itu, Menurut Goodnewsfromindonesia.id Muhammadiyah mulai berdiri pada tahun 1912, merupakan gerakan reformis yang menekankan pemurnian ajaran Islam dan modernisasi.

Muhammadiyah lebih cenderung menganut pemahaman ajaran Islam yang lebih konservatif.

Dikutip dari news.solopos.com organisasi Muhammadiyah didirikan pada 8 Dzulhijjah 1330 atau pada 18 November di Kampung Kauman Yogyakarta, oleh seseorang bernamaMuhammad Darwis, yang kemudian dikenal dengan KH Ahmad Dahlan.

Namun Sobat, terlepas dari erbedaan antara kedua organisasi tersebut dalam penetapan awal Ramadan adalah hal yang wajar, menimbang keragaman keberagamaan di Indonesia.

Editor : Fiyume
Sumber : Dilansir dari Berbagai Sumber
Bagikan

Berita Terkait
Terkini