7 Fakta Dahsyat Surabaya, Kota Pahlawan di Tepian Sungai Brantas Jawa Timur

×

7 Fakta Dahsyat Surabaya, Kota Pahlawan di Tepian Sungai Brantas Jawa Timur

Bagikan berita
7 Fakta Dahsyat Surabaya, Kota Pahlawan di Tepian Sungai Brantas Jawa Timur. (Foto : Dok. Istimewa)
7 Fakta Dahsyat Surabaya, Kota Pahlawan di Tepian Sungai Brantas Jawa Timur. (Foto : Dok. Istimewa)

Jika merujuk pada "Soerabaiasche Indische Voetbal Ond 1927" Persebaya menjadi klub pertama yang didirikan para bumi putera di Surabaya dari usia tersebut tentu persebaya tidak bisa dihilangkan begitu saja alam sejarah Surabaya.

Lebih lanjut, menurut Bayu Aji, Persebaya bukan hanya warisan kota yang harus dicintai dan dilestarikan, melainkan bagian dari sejarah Surabaya itu sendiri. Oleh sebab itu tidak heran bila masyarakat Surabaya begitu mencintai klub bola yang satu ini, terlebih lagi bagi suporter Surabaya yang akrab disapa bonek.

Sementara bonek sendiri merupakan salah satu kelompok suporter terbesar di indoensia.

6. Ekonomi dan Pariwisata

Menurut Bappenas, Surabaya merupakan salah satu dari empat pertumbuhan utama di Indonesia, bersama dengan Jakarta Medan dan Makasar.

Sebagai salah satu pusat perekonomian Indonesia, Surabaya tidak hanya menjadi pusat perdagangan bagi Jawa Timur, tetapi juga wilayah seperti Jawa Tengah, Kalimantan dan kawasan Indonesia Timur.

Tidak heran jika kota ini mampu menopang perekonomian Indonesia dengan beberapa industri utama, seperti galangan kapal, alat-alat berat, pengolahan makanan, agrikultur, elektronik, perabotan rumah tangga, hingga kerajinan tangan.

Banyak perusahaan multinasional yang berkantor di Surabaya, sebut saja PT Sampoerna Tbk, Wismilak, Maspion, Wings Group, Unilever Indonesia, Jawa Pos Group dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2019 seperti dikutip Eye On Asia ekonomi Surabaya berkontribusi sebesar 161,14 Triliun Rupiah atau 27,75%.

Selain itu, Surabaya dikenal punya beragam destinasi wisata kebanyakan erat kaitannya dengan sejarah penyebaran Islam di Tanah Jawa hingga perjuangan Nasional Indonesia. Di samping itu, Surabaya punya wisata alam keren, seperti ekowisata mangrove Wonorejo dan Pantai Kenjeran.

7. Kota Dunia

Terlepas dari prestasi dalam negeri, seperti Adipura Adiwiyata hingga Tata Nugraha, Surabaya adalah salah satu kota paling prestatif di Indonesia. Bahkan tidak sedikit penghargaan di level internasional dibawa ke bumi pahlawan ini.

Editor : Fiyume
Sumber : Dilansir dari Berbagai Sumber
Bagikan

Berita Terkait
Terkini