Jelang Nataru, Polres Tulungagung Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2023

×

Jelang Nataru, Polres Tulungagung Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2023

Bagikan berita
Kapolres Tulungagung bersama PJ Bupati, Dandim 0807 dan Forkopimda lainnya saat memeriksa personel dan sarana prasarana
Kapolres Tulungagung bersama PJ Bupati, Dandim 0807 dan Forkopimda lainnya saat memeriksa personel dan sarana prasarana

KONGKRIT.COM - Dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Polres Tulungagung menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2023 yang bertempat di halaman Pemkab Tulungagung, Kamis (21/12/2023).

Saat memimpin apel gelar pasukan, Kapolres Tulungagung AKBP Teuku Arsya Khadafi didampingi PJ Bupati Tulungagung Heru Suseno dan Dandim 0807 Tulungagung Letkol Czi. Nooris Agus Rinanto.

"Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel bersama sarana dan prasarana yang digunakan dalam pengamanan Nataru," terang Kapolres.

Menurutnya, salah satu fokus dari Operasi Lilin Semeru 2023 adalah pengamanan kegiatan ibadah bagi umat Nasrani.

Selain itu, dalam Ops Lilin Semeru 2023, pengamanan juga dilakukan pada jalur menuju tempat-tempat wisata. Hal ini karena kegiatan pergantian tahun menjadi daya tarik bagi masyarakat.

"Jalur-jalur wisata yang biasanya ramai akan menjadi sangat padat, oleh karena itu diperlukan pengaturan arus lalu lintas untuk mencegah kecelakaan dan kemacetan agar masyarakat dapat berlibur dengan aman dan nyaman," paparnya.

Beberapa titik kemacetan yang menjadi perhatian adalah entry masuk wilayah Tulungagung dari Kediri, khususnya wilayah Ngantru, serta pertigaan pasar Bandung, yang menjadi jalur utama transportasi dan wisata.

“Kami telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan rekayasa arus lalu lintas, terutama pada jalur-jalur utama, agar tidak terjadi kemacetan yang mengganggu aktivitas masyarakat,” tambahnya.

Ops Lilin Semeru tahun ini melibatkan 600 personel dari Polri, TNI, dan Pemerintah Daerah. Mereka akan ditempatkan di Pos Pam, Posyan, pengamanan gereja, dan tempat wisata.

“Akan disiapkan 5 Pospam dan 2 Posyan. Lokasi penempatan Pospam sedikit diubah demi efektivitas layanan kepolisian, kesehatan, dan perbengkelan kepada masyarakat,” katanya.

Editor : HN. Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini