Pantas Keterima di Pertamina dan Telkom, Rahasia Cara Masuk BUMN Ternyata Begini, 100 Persen Berhasil

×

Pantas Keterima di Pertamina dan Telkom, Rahasia Cara Masuk BUMN Ternyata Begini, 100 Persen Berhasil

Bagikan berita
Ilustrasi cara masuk BUMN
Ilustrasi cara masuk BUMN

2. Komunikatif

Maksud komunikatif hampir mirip dengan kecerdasan. Karena ada orang yang punya kecerdasan verbal yang bagus, dia ngomongnya bagus tanpa harus latihan dan ada dalam DNA mereka tapi kenyataannya skill komunikasi yang bagus tidak hanya keturunan tapi bisa dipelajari.

Belajar komunikasi sama dengan belajar hardskill lainnya. Hanya bedanya kalau softskill, komunikasi harus banyak latihan dipraktekin di dunia nyata.

BUMN bakal melihat seberapa komunikatif orang itu melalui tes FGD atau Focus Group Discussion dan juga waktu wawancara.

Komunikasi salah satu faktor yang dititikberatkan dan kelihatan saat dites ini. Kenyataannya, di BUMN tidak langsung dikerjakan sama karyawannya tapi mereka hair konsultan atau kontraktor.

Jadi yang penting bagi orang BUMN bisa mengkomunikasikan kerjaannya dengan baik. Jika Anda tipe orang yang kerja sendiri, tidak mau komunikasi kanan kiri bakal sulit masuk ke BUMN.

3. Sopan

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa kerja kok harus sopan, kan gak mau ngelamar anak orang?. Sebab, BUMN kebanyakan seniornya, atasannya atau bahkan yang punya BUMN dalam hal ini Pemerintah menyukai jika mereka diperlakukan dengan sopan.

Maka, jika Anda ingin berkarir di BUMN harus kelihatan sopan dan bisa kerjasama dengan baik sama orang-orang lama yang ada di perusahaan tersebut.

Lantaran, jika mau masuk BUMN tidak sekedar pintar bicara, pintar menyelesaikan tugas tapi membuat orang-orang yang ada di sekitarmu tidak nyaman karena Anda kerjanya itu sembarangan dan tidak sopan sama lingkungan sekitarmu.

Editor : RC 008
Sumber : YouTube Bagus Satrio Utomo
Bagikan

Berita Terkait
Terkini