Berpotensi Rawan Bencana, BPBD Tulungagung Himbau Warga Masyarakat Tetap Waspada di Musim Hujan

×

Berpotensi Rawan Bencana, BPBD Tulungagung Himbau Warga Masyarakat Tetap Waspada di Musim Hujan

Bagikan berita
Petugas BPBD Tulungagung saat mengevakuasi pohon tumbang yang merintangi jalan raya
Petugas BPBD Tulungagung saat mengevakuasi pohon tumbang yang merintangi jalan raya

KONGKRIT.COM - Hujan lebat yang turun akhir - akhir ini diperkirakan akan terjadi pada beberapa hari mendatang. Hujan lebat juga berpotensi menimbulkan terjadinya bencana banjir, dan angin kencang.Dengan adanya hal itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung terus menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi bencana.

"Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Tulungagung dan sekitarnya diprediksi akan mengalami peningkatan intensitas curah hujan yang dapat berpotensi menyebabkan banjir dan tanah longsor," terang Kepala BPBD Kabupaten Tulungagung Robinson P. Nadeak, Jumat (01/03/2024).

Robinson menjelaskan, himbauan tersebut sebagai langkah preventif untuk mengurangi resiko bencana akibat cuaca ekstrem.

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat, terutama yang tinggal di daerah rawan banjir dan tanah longsor, untuk tetap waspada dan selalu siap menghadapi kemungkinan jika terjadi bencana," jelasnya.

Pihaknya juga menekankan beberapa langkah yang dapat diambil oleh masyarakat untuk mengurangi resiko adanya dampak bencana akibat hujan lebat, banjir, tanah longsor dan angin kencang.Yang diantaranya adalah dengan memantau perkembangan informasi cuaca dari sumber resmi, membersihkan saluran air di sekitar rumah, serta melakukan evakuasi jika diperlukan.

"Kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah dengan sembarangan, terutama di sepanjang aliran sungai, guna mencegah terjadinya tumpukan sampah yang dapat menghambat aliran air dan menyebabkan banjir," ujarnya.

Selain itu pihaknya juga menghimbau kepada warga masyarakat menyimpan barang-barang berharga dan surat - surat penting lainnya di tempat yang aman. Selain itu warga diharapkan agar mempersiapkan perlengkapan evakuasi diri jika situasi membutuhkan.

Pihaknya juga menyebut akan pentingnya kerjasama antara pemerintah, aparat penegak hukum, relawan, dan seluruh lapisan masyarakat dalam menghadapi potensi terjadinya bencana akibat kondisi cuaca ekstrem.

"Dibutuhkan sinergitas yang baik dalam menghadapi situasi darurat akibat bencana alam. Untuk itu peran aktif semua pihak sangat dibutuhkan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana," tandasnya.

Sementara itu, Gilang Zelakusuma Kabid Kedaruratan dan Logistik juga menambahkan agar masyarakat tetap memperhatikan perkembangan cuaca dari sumber yang terpercaya dan mengikuti himbauan dari pihak yang berwenang.

Editor : HN. Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini