Kisah Sukses Muhammad Fadli, Kini jadi Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Sumatera Barat Termuda di Indonesia

×

Kisah Sukses Muhammad Fadli, Kini jadi Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Sumatera Barat Termuda di Indonesia

Bagikan berita
Pelantikan Muhammad Fadli, M.I.Kom jadi Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Sumatra Barat PD (IPI Sumbar) Rabu, 15 November 2023.
Pelantikan Muhammad Fadli, M.I.Kom jadi Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Sumatra Barat PD (IPI Sumbar) Rabu, 15 November 2023.

Kongkrit.com - Muhammad Fadli kini resmi menjadi Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Sumatera Barat (PD IPI Sumbar).Dirinya dilantik oleh Drs. Teuku Syamsul Bahri, Ketua Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia pada Rabu, 15 November 2023 lalu.

Di usia 34 tahun, Fadli dipercaya untuk memimpin PD IPI Sumbar setelah terpilih dalam Musyawarah Daerah IPI Sumbar pada 24 Juli 2023 menggantikan Wardarusmen, mantan Asisten II Setda Provinsi Sumatera Barat.Fadli, alumni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, aktif sebagai dosen di Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN Imam Bonjol Padang.

Teuku Syamsul Bahri dalam sambutannya, mengapresiasi kepemimpinan PD IPI Sumbar yang dipegang oleh Fadli, ia menyebut Fadli sebagai sosok yang energik dan inovatif.Keyakinannya adalah bahwa PD IPI Sumbar akan semakin berkembang di bawah kepemimpinan anak muda yang inovatif dan visioner.

Pria kelahiran Padang ini telah meniti berbagai pengalaman di dunia perpustakaan, termasuk menjadi dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad (2012-2015).Dirinya juga pendamping Program Perpuseru Indonesia, yang kini bernama TPBIS (Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial).

Setelah itu, ia kembali ke kampung halaman dan menjabat sebagai Kepala UPT Perpustakaan UPI YPTK Padang (2015-2018) sebelum sepenuhnya mendedikasikan diri sebagai dosen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam di UIN Imam Bonjol sejak 2019.Fadli, yang memiliki pengalaman baik di tingkat nasional maupun internasional, mengikuti berbagai pelatihan dan peningkatan kompetensi, termasuk kursus "Integrated Micro Finance Management" di Leiden Universiteit, Belanda, serta berbagai workshop di Uzbekistan dan Kazakhstan.

Dalam ajang tersebut, Fadli mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengembangkan profesi pustakawan di Sumatera Barat dan menyebarluaskan gerakan literasi ke seluruh pelosok negeri."Pustakawan sebagai kawah candradimuka dalam gerakan literasi harus mampu menjadi mitra pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Selain aktif sebagai dosen, Fadli juga menjabat sebagai Sekretaris Lembaga Penjamin Mutu UIN IB pada 2023.Sebelumnya, ia dipercayakan sebagai Sekretaris Kopertais Wilayah VI Sumatera Barat Kementerian Agama Republik Indonesia sejak 2021.

Fadli juga terlibat aktif dalam penelitian terkait pelestarian pengetahuan lokal dan knowledge management.Universitas Terbuka mempercayainya sebagai Tim Penyusun Bahan Ajar, dan kepiawaiannya dalam mengelola lembaga informasi membuatnya dipilih sebagai Asesor Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional sejak tahun 2021 hingga sekarang.

(HT)

Editor : Siti Rahmadani Hanifah
Sumber : 233887
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini