Kadispen Lantamal XIII Jadi Narasumber Saat Dialog Interaktif Sapa Kaltara

×

Kadispen Lantamal XIII Jadi Narasumber Saat Dialog Interaktif Sapa Kaltara

Bagikan berita
Kadispen Lantamal XIII Jadi Narasumber Saat Dialog Interaktif Sapa Kaltara
Kadispen Lantamal XIII Jadi Narasumber Saat Dialog Interaktif Sapa Kaltara

KONGKRIT.COM - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIII Tarakan, Laksamana Pertama TNI Deni Herman, S.T., M.A.P., M. Tr.Opsla., CHRMP., CFrA. diwakili oleh Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal XIII, Letkol Laut (KH) Drs. Amja Gultom, mengikuti acara Dialog Interaktif Sapa Kaltara yang berlangsung di Studio Pro 1 RRI Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, pada Jumat (17/11).Dalam tema "Penanganan Laka Laut Di Perairan Kaltara," Kadispen Lantamal XIII menyampaikan tentang Undang-Undang Pelayaran No.17 Tahun 2008 yang menekankan bahwa setiap individu atau perusahaan yang beroperasi di laut harus memiliki izin usaha. Pelanggaran terhadap aturan ini dapat mengakibatkan sanksi pidana berupa penjara atau denda. Namun, kecelakaan yang sering terjadi melibatkan kapal-kapal nelayan dan kapal tradisional. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama dari para pemangku kepentingan untuk memberikan pembinaan, sosialisasi, dan himbauan kepada nelayan serta pemilik kapal tradisional.

Tugas TNI AL, khususnya Lantamal XIII, adalah melaksanakan patroli keamanan laut di wilayahnya, mencakup Provinsi Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Kadispen Lantamal XIII juga menyampaikan tentang UU TNI No.34 Tahun 2004 mengenai tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang, yang mencakup memberikan bantuan dalam pencarian dan pertolongan saat terjadi kecelakaan. Lantamal XIII, sebagai bagian dari TNI AL, telah menjalankan tugas tersebut.Di akhir pertemuan, Kadispen Lantamal XIII memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat nelayan untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca, melengkapi alat-alat keselamatan yang diperlukan, serta menegaskan bahwa Lantamal XIII selalu siap memberikan bantuan pencarian dan pertolongan dalam setiap kecelakaan laut.

Dialog interaktif ini disiarkan secara langsung melalui Pro 1 Frekuensi 97,9 MHz (RRI Tarakan), 99,9 MHz (Stasiun Relay RRI Tanjung Selor), Channel Youtube RRI Tarakan Official, dan Aplikasi RRI Digital. Selain itu, narasumber lain dalam kesempatan tersebut adalah Polairud Polres Tarakan, Kepala Basarnas Tarakan, dan Ketua KNTI Tarakan. (Dispen) 

Editor : Siti Rahmadani Hanifah
Sumber : 233876
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini