Mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Serdang Bedagai

×

Mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Serdang Bedagai

Bagikan berita
Penyerahan penghargaan KLA kategori Madya oleh Kementerian PPPA tahun 2022Penyerahan penghargaan KLA kategori Madya oleh Kementerian PPPA tahun 2022
Penyerahan penghargaan KLA kategori Madya oleh Kementerian PPPA tahun 2022Penyerahan penghargaan KLA kategori Madya oleh Kementerian PPPA tahun 2022

7. Di perkantoran dan sekolah - sekolah menerapkan kawasan dilarang merokok diperkuat dengan Perda tentang kawasan tanpa rokok.8. Menyediakan ruangan Asi di

perkantoran.9. Pemantauan internet aman yang dilakukan oleh dinas Kominfo.

10. Menyediakan ruang baca (perpustakaan).11. Menyediakan fasilitas olah raga untuk anak.

12. Razia kasih sayang yang dilaksanakan oleh Satpol PP.13. Mengatifkan forum anak kabupaten, kecamatan dan desa.

14. Mengadakan lembaga Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di desa.15. Menetapkan kecamatan dan desa layak anak.

16. Meningkatkan cakupan imunisasi lengkap untuk bayi dan menurunkan angka stunting.Kabupaten Layak Anak tidak akan terwujud tanpa adanya kerjasama antara DP2KBP3A dengan Disdukcapil, Dinas Kesehatan, Perpussip, Dinas Sosial, Kominfo, Dinas Pendidikan, Dishub, Perkim, Disparbudpora, Kemenag, Polres Sergai terutama Unit PPA, Kejaksaan, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri dan juga para OPD sebagai stakeholder.

Selain itu, UPTD PPA dibawa naungan Dinas P2KBP3A selalu melakukan pendampingan terhadap setiap anak yang mengalami kekerasan, baik pendampingan psikologis dan hukum.Semoga seluruh program yang kita buat berjalan dengan baik sehingga Kabupaten Serdang Bedagai menjadi Kabupaten Layak Anak serta Kabupaten yang mampu merencanakan, menetapkan serta menjalankan seluruh program pembangunannya dengan berorientasi pada hak dan kewajiban anak. Hal ini bertujuan agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dilingkungannya.

Pada tahun 2022 bertepatan dengan Hari Anak Nasional (HAN) Kabupaten Serdang Bedagai meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia kategori Madya yang diterima Wakil Bupati Serdang Bedagai H. Adlin Umar Yusri Tambunan didampingi dr Helminur Iskandar Sinaga, M.Kes sebagai kepala Dinas P2KBP3A.Ditahun yang sama Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai juga meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak dari Provinsi Sumatera Utara yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi kepada Wakil Bupati Serdang Bedagai H. Adlin Umar Yusri Tambunan.

Guna mencapai hasil yang lebih maksimal, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai pada tahun 2023 telah menggelar Rapat Gustu Layak Anak yang memastikan Serdang Bedagai Komitmen Pastikan Hak dan Perlindungan Anak.Dengan dilaksanakannya rapat koordinasi layak anak tahun 2023, Pemkab Sergai membuka jalan bagi program yang bertujuan memenuhi hak dan perlindungan anak. Ini adalah awal yang baik bagi kita untuk bekerja sama dan memperkuat sistem pembangunan yang berfokus pada hak anak melalui kerjasama dan pengintegrasian sumber daya dari seluruh unsur. Kita bersama-sama akan memastikan hak dan perlindungan anak di Kabupaten Sergai yang kita cintai terpenuhi.

Untuk menciptakan KLA, koordinasi dari semua stakeholder sangat penting. Salah satunya adalah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Sergai yang memegang peran kunci dalam memastikan hak-hak anak terpenuhi dengan baik.Penting untuk menegaskan peran aktif BAPPEDA dalam mengkoordinasikan perencanaan pemenuhan hak-hak anak melalui pengembangan KLA. Ini akan memastikan bahwa pembangunan anak dilaksanakan secara holistik, integratif, dan berkelanjutan.(Ardi)

Editor : Siti Rahmadani Hanifah
Sumber : 228235
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini