Menpan RB Minta Peran APIP Ditingkatkan, Ini Tujuannya

×

Menpan RB Minta Peran APIP Ditingkatkan, Ini Tujuannya

Bagikan berita
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas saat membuka rapat kerja BPKP, di Banyuwangi, Kamis (07/12).
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas saat membuka rapat kerja BPKP, di Banyuwangi, Kamis (07/12).

KONGKRIT.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menggarisbawahi pentingnya peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam mempercepat reformasi birokrasi. Menurutnya, pengawasan yang kuat dari awal perencanaan hingga evaluasi sangatlah krusial dalam meningkatkan efektivitas mesin birokrasi.

Dalam pandangannya, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) memiliki peranan strategis dalam menjaga program pemerintah agar tetap berjalan sesuai jalur yang ditetapkan.

"Keterlibatan audit dan pengawasan internal sejak tahap perumusan tujuan, strategi, hingga program organisasi dapat membantu memastikan pencapaian pembangunan sesuai dengan harapan," ujar Menteri Anas.

Selain itu, ia menyoroti bahwa sinergi dan kolaborasi di antara para pemangku kepentingan (stakeholders) sangatlah penting untuk menjaga integritas dan akuntabilitas di dalam pemerintahan. Menurutnya, BPKP sebagai mitra strategis dalam bidang audit harus menjalankan perannya secara maksimal guna mendukung percepatan reformasi birokrasi.

Dalam konteks ini, Menteri Anas mengingatkan bahwa pengawasan nasional yang ada saat ini menjadi krusial untuk memastikan agar birokrasi dapat beroperasi secara optimal. Oleh karena itu, penguatan peran APIP menjadi tanggung jawab bersama dalam memastikan efisiensi kerja birokrasi.

Editor : HN. Arya Rajo Sampono
Sumber : Menpan.go.id
Bagikan

Berita Terkait
Terkini