Serius Majukan Sektor Pertanian, Bupati Solok Lakukan Kerjasama Dengan BPTP Dan Balitbu Tropika

×

Serius Majukan Sektor Pertanian, Bupati Solok Lakukan Kerjasama Dengan BPTP Dan Balitbu Tropika

Bagikan berita
Serius Majukan Sektor Pertanian, Bupati Solok Lakukan Kerjasama Dengan BPTP Dan Balitbu Tropika
Serius Majukan Sektor Pertanian, Bupati Solok Lakukan Kerjasama Dengan BPTP Dan Balitbu Tropika

Kab. Solok, Kongkrit.com--- serius dalam peningkatan pembangunan pada sektor pertanian Bupati Solok H. Epyardi Asda tingkatkan sinergitas antara Pemerintah Daerah, Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) dan Balai Penelitian Tanaman Buah (BALITBU) Tropika Sumatera barat.Hal tersebut dinyatakan dengan penandatanganan nota kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Daerah dengan BPTP dan Balitbu oleh Bupati Solok tentang sinergitas pengembangan dan peningkatan mutu benih padi sawah bersertifikat Indikasi Geografis (IG). Senin (17/05/2021) di ruang Solok Nan Indah.

Seperti yang tertuang dalam Visi dan Misi Bupati bersama dengan Wakil Bupati Solok yakni menjadikan Kab. Solok terbaik di Sumatera barat maka sektor pertanian dijadikan sebagai program unggulan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.Hadir pada kesempatan itu Bupati Solok H. Epyardi Asda, M. Mar, Sekda Kab Solok H. Aswirman, SE, MM, Plt Asisten Koor Pemerintahan Drs. Syahrial, MM, Asisten Koor Ekbangkesra Medison, S. Sos, M. Si, Asisten Koor Administrasi Sony Sondra, SE, M. Si, Kepala Balitbu Tropika Dr. Ir. Ellina Mansyah, MP, Kepala BPTP Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP, Kepala Dinas Pertanian Si is, S. P, Kepala SKPD lingkup pemda kab solok.

Dikatakan Bupati, hal tersebut merupakan komitmen sinergi antara Pemerintah Daerah dengan BPTP dan Balitbu tropika untuk meningkatkan pembangunan dibidang pertanian. "Alhamdulillah  BPTP dan Balitbu tropika dapat mendukung sepenuhnya program kita dalam mengembangkan sektor pertanian". Ucap Bupati.Lebih lanjut Bupati Solok H. Epyardi Asda mengatakan akan menggali seluruh potensi pertanian yang ada di Kab. Solok terutama padi dan buah, karena selama ini Kab. Solok sangat terkenal dengan daerah penghasil beras dan buah namun belum terfasilitasi dengan baik.

Dalam hal ini Bupati Solok lebih mengedepankan tentang penyediaan bibit unggul dari beberapa komoditas untuk petani, karena dengan tersedianya bibit unggul yang akan ditanam oleh petani, Beliau yakin hasil pertanian masyarakat akan meningkat setiap musimnya."Dengan meningkatnya sektor pertanian tentu saja akan membuat para petani menjadi sejahtera dan sektor pertanian Kab. Solok akan menjadi lebih maju". Jelas Bupati.

Dalam pertemuan tersebut Bupati juga menyampaikan akan mengundang para investor yang berminat untuk berinvestasi pertanian di Kab. Solok, baik dalam penanaman maupun dalam pendistribusian pertanian nantinya. Seperti beras, durian maupun buah buahan lainnya yang bisa untuk dikembangkan di Kab. Solok.Kepala BPTP Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP mengucapkan terima kasih kepada Bupati Solok yang telah mengadakan kegiatan tersebut. Dalam arahannya Ir. Wahyu Wibawa, MP mengatakan tentang keberadaan BPTP dan Balitbu mampu memberi manfaat kepada petani khususnya Kab. Solok dalam meningkatkan sektor pertanian.

Dengan majunya sektor pertanian tentu saja akan membuat para petani menjadi sejahtera dan sektor pertanian Kab. Solok akan menjadi lebih maju.Sementara itu Kepala Balitbu Tropika Dr. Ir. Ellina Mansyah, MP menyebut tentang perkembangan petani buah di Kab. Solok. Selama ini petani lebih cenderung dengan cara tradisional sehingga masa produksi memakan waktu yang cukup lama dan membuat banyak masyarakat enggan untuk menanam tanaman buah.

Kedepannya kita Balitbu tropika dan BPTP akan selalu bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan pengelolaan pertanian dan perkebunan di Kab. Solok karena sektor pertanian merupakan sektor yang perlu kita kembangkan di Kab. Solok."Kita apresiasi dengan apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah saat ini karena komitmen  yang telah dibuat merupakan faktor pendukung dalam suksesnya pengembangan pertanian khususnya buah-buahan di Kab. Solok". Tutup Ellina.

 (Willy)

Editor : Siti Rahmadani Hanifah
Sumber : 138754
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini