Dapur Rumah Lansia di Mojowarno, Ludes Terbakar

×

Dapur Rumah Lansia di Mojowarno, Ludes Terbakar

Bagikan berita
Dapur Rumah Lansia di Mojowarno, Ludes Terbakar
Dapur Rumah Lansia di Mojowarno, Ludes Terbakar

Jombang,Kongkrit.com - Kobaran api menghanguskan bagian dapur rumah di Dusun Guwo, Desa Latsari, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (17/11/2019) siang.Peristiwa terbakarnya rumah, yang diketahui milik Sunari (80), dan istrinya, Tuah (70), sepasang suami istri lansia (lanjut usia), terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Kejadian tersebut, sempat membuat panik warga sekitar, lantaran rumah yang terbakar berada di lokasi padat penduduk.

Sejumlah warga kemudian bergotong-royong berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, namun tidak berhasil. Oleh warga, peristiwa itu dilaporkan kepada perangkat desa dan dilanjutkan ke pihak kepolisian dan petugas pemadam kebakaran.Selang beberapa menit kemudian, satu mobil pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang beserta satu mobil supply tiba dilokasi kebakaran. Begitu tiba, Petugas pemadam berusaha memadamkan api. Setelah hampir satu jam, kobaran api berhasil dipadamkan.

Menurut salah satu warga sekitar, Catur Harianto (45) mengatakan, kobaran api diduga berawal dari nyala api di dapur atau pembakaran sampah dibawah lalu naik ke atas dan terjadi kebakaran. Warga sekitar telah berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, sebab khawatir api merembet ke rumah lainnya."Ini rumahnya bagian dapur bukan rumah. Tapi api sudah mulai merembet ke tiga rumah, beruntung tim pemadam kebakaran datang gak sampai merembet kerumah yang lainnya," kata Catur Harianto, saat berada dilokasi kebakaran.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, kedua penghuninya yang berusia lanjut selamat. "Korban tidak ada, Alhamdulillah semuanya selamat. Tapi, tadi ada satu sepeda tua sepeda pancal yang terbakar," terang Catur Harianto.Terpisah, Kapolsek Mojowarno, AKP Yogas menjelaskan, kebakaran bermula saat Mbah Tuah, sedang memasak air dengan tungku kayu di dalam rumahnya. Saat api sedang menyala, ia lantas pergi istirahat di dalam kamar tidur.

"Tak lama setelah ditinggal, api dari tungku kayu kemudian merambat ke belandar dapur," jelas AKP Yogas.Saat itu, Mbah Tuah yang berada di dalam kamar tidur berhasil keluar rumah menyelamatkan diri. Sementara beberapa warga sekitar terus berusaha untuk melokalisir titik api agar tak merembet ke area depan.

"Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 15.00 WIB setelah dua unit mobil PMK datang ke lokasi. Faktor Kebakaran akibat pemilik rumah lalai saat masak air. Tidak ada korban Jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 3 juta," pungkas AKP Yogas.Jajang

Editor : Siti Rahmadani Hanifah
Sumber : 67924
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini