10 Point Utama Jadi Sasaran SMD dan MMD Desa Kumpulrejo

×

10 Point Utama Jadi Sasaran SMD dan MMD Desa Kumpulrejo

Bagikan berita
10 Point Utama Jadi Sasaran SMD dan MMD Desa Kumpulrejo
10 Point Utama Jadi Sasaran SMD dan MMD Desa Kumpulrejo

Tuban,Kongkrit.com – Survey Mawas Diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) merupakan suatu upaya bersama yang dilakukan oleh Puskesmas dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat, dan menggali potensi-potensi yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan tersebut.Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Pemdes Kumpulrejo Kecamatan Parengan Tuban, sudah Dilaksanakan Kegiatan SMD (Survey Mawas Diri) dan MMD yang di tempatkan di pendopo Balai Desa kumpulrejo. Senin 18 November 2019.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Parengan, Bidan Desa,Kepala Desa, Ibu ibu kader, Tokoh Masyarakat dan RT/RW.Tujuan Survey Mawas Diri adalah :

1. pengumpulan data, masalah kesehatan, lingkungan dan perilaku;

2. Mengkaji dan menganalisis masalah kesehatan, lingkungan dan perilaku

yang paling menonjol di masyarakat;3. Mengiventarisasi sumber daya

masyarakat yang dapat mendukung upaya mengatasi masalah kesehatan;

4. Diperoleh dukungan dari kepala desa/kelurahan dan pemuka masyarakat

dalam pelaksanaan penggerakan dan pemberdayaan masyarakat di Desa

Siaga.“Survei Mawas Diri (SMD) sangat penting untuk dilaksanakan agar masyarakat menjadi sadar akan adanya masalah kesehatan yang sedang dihadapi, masyarakat mampu mengenal, mengumpulkan data dan mengkaji masalah yang ada dalam lingkungannya sendiri, timbulnya minat dan kesadaran untuk mengetahui masalah-masalah kesehatan dan pentingnya masalah tersebut segera diatasi, serta mampu untuk menggali sumber daya yang ada atau dimiliki. Hasil SMD Puskesmas kemudian akan menjadi dasar untuk menyusun pemecahan masalah yang dihadapi, Ujar Nurul Hidayati selaku Bidan Desa.

Ditempat yang sama pula Kunarsono selaku kepala Desa Kumpulrejo, mengatakan Bahwasannya dalam SMD dan MMD di Desa Kumpulrejo ini ada 10 point utama yang menjadi sasaran, diantaranya:1. Akses Pelayanan Dan Pembiayaan

Editor : Siti Rahmadani Hanifah
Sumber : 67784
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini