Sosialisasi Program Perpustakaan Transformasi Berbasis Inklusi Sosial dan Launching Batik Jumputan Sergai

×

Sosialisasi Program Perpustakaan Transformasi Berbasis Inklusi Sosial dan Launching Batik Jumputan Sergai

Bagikan berita
Sosialisasi Program Perpustakaan Transformasi Berbasis Inklusi Sosial dan Launching Batik Jumputan Sergai
Sosialisasi Program Perpustakaan Transformasi Berbasis Inklusi Sosial dan Launching Batik Jumputan Sergai

Sergai, Kongkrit.com—Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpusip) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Selenggarakan Sosialisasi Program Perpustakaan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dan Melaunching Batik Jumputan Sergai (Juga) dan juga Literasi Haji dan Produk-Produk Pegadaian dengan Disperpusip Sergai bertempat di Aula Dinas Pemuda Olahraga Parawisata dan Budaya (Poraparbud) di Istana Replika Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamataan Pegajahan, Rabu (13/11/2019).Yang dihadiri oleh : Bupati Sergai Ir. H Soekirman yang diwakili oleh Assisten III Karno Siregar, Kadis Perpusip Drs. Hj Salmiah,MM, Sekretaris Zainal Abidin, S.Pd, Kabid pengembangan Harlinawati, S.Sos, Anhar Nasution Vice Pegadaian Medan II, Sami Marica Senior Manager Penjualan, Erjal Pimpinan Pegadaian Cab. Perbaungan serta hiburan tarian oleh Dinas Parawisata dan Budaya Sergai.

Serta para Kepala OPD, Perwakilan Yayasan Pendidikan IT Ummi A'Yuni, Ketua PKK Kecamatan, Ketua GopTKI Kecamataan, Para Kepala Sekolah SD, SMP, SMA se-Sergai, Ketua Dewan Pendidikan dan Ketua Forum Literasi Sergai, Ketua TBM Melvilla Bunda Melvi, para Pengelola Perpustakaan Desa, para Kepala Desa.Bupati Sergai Ir. H Soekirman pada sambutannya yang dibacakan oleh Karno Siregar mengatakan : dari Program Revitalisasi Perpustakaan Umum pada akhir Tahun 2018 yang disosialisasikan di Jakarta oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI pada awak tahun 2019 berubah menjadi Program Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten ataupun di Desa.

Kabupaten Sergai mendapatkan manfaat dengan diberikan bantuan kepada 6 Desa di 3 Kecamataan yaitu Desa Rambung Sialang Hilir, Tengah dan Hulu di Kecamatan Sei Rampah, Desa Tanjung Buluh Kecamataan Perbaungan, Desa Tanjung Harap Kecamatan Serbajadi dan Desa Sei Kari Kecamataan Kotarih, masing-masing Desa tersebut mendapat bantuan 3 unit Komputer dan 1 Server serta Rak Buku beserta buku sebanyak 1000 Eksamplar.Dan pada pembuatan kegiatan dan Dokumentasi OnLine Perpusip Sergai mendapat urutan ke 5 dari seluruh jumlah Perpustakaan se-Indonesia yaitu Perpustakaan dari Desa Rambung Sialang Tengah.

Salah satu Impact yang telah diliput untuk dibuat Vidio sebagai bahan promosi bagi Perpusnas yaitu pembuatan Kue Kering di Kelurahan Tualang serta pembuatan Jamu di desa Rambung Sialang Hulu keduanya Impact tersebut berasal dari Program Transformasi Perpustakaan Desa.Dinas Perpusip Sergai Juga memiliki Impact yaitu dari kelompok Ibu-Ibu Kreatif dan Pengrajin Kelompok Jumputan Sergai (JUGA) berupa Pembuatan Batik Jumputan yang telah diperlihatkan pada acara ini, katanya.

Dra. H Salmiah selaku Kadis Perpusip Sergai serta Ketua Panitia pada laporannya mengatakan : memaparkan tentang UU salah satunya Peraturan Pemerintah No.24 tentang Pelaksanaan UU No.43 tahun 2007 tentang  Perpustakaan.Peserta pada kegiatan ini sebanyak 200 Orang dan Anggaran Dana pada kegiatan ini adalah kerjasama antara Dinas Perpusip Sergai dan Pegadaian Area Medan II, ungkap Salmiah.

Sementara Harlinawati, S.Sos Kabid Pengembangan Perpusip memaparkan tentang kegiatan Program Revitalisasi Perpustakaan Umum melalui Tranformasi Layanan berbasis Inklusi Sosial oleh Dinas Perpusip pada tahun 2018 berupa Pelatihan Komputer dan Internet untuk para guru PAUD serta Pelatihan membatik, Membuat Kue dan Tata rias Kecantikan.Peningkatan layanan Buku, Komputer dan Internet serta pemanfaatan Koleksi buku, layanan Komputer dan layanan Otomasi Online Perpustakaan Daerah.

Serta juga kelas Story Telling, Pengelola Perpustakaan mendongeng untuk adik-adik Polisi Cilik serta kelas Matematika, seperti yang telah dipaparkan oleh Harlinawati.Sementara Vice Presiden Pegadaian Medan II Anhar Nasution sangat mengapresiasi kegiatan ini dan bekerja sama dengan Dinas Perpusip Sergai. Dan Sami Marice selaku Senior Manager Penjualan memperkenalkan Produk-Produk Pegadain kepada para peserta yang hadir serta mengajak mereka untuk bergabung dengan Pegadaian salah Satunya beliau juga memaparkan tentang Pembiayaan Kreasi Multi Guna untuk semua kebutuhan masyarakat dan Produk KCA Prima Gadai tanpa Bunga dan Tabungan Emas untuk masa depan.

Pada akhir acara juga diadakan acara pemotongan Pita yang dilakukan boleh Bupati Ir. H Soekirman yang diwakilkan oleh Ass III Karno Siregar untuk Melaunching Batik Jumputan Sergai dan penanda tanganan kerja sama serta pemberian Cendramata antara Dinas Perpusip Sergai dan Pegadaian Area II Medan serta acara berphoto bersama. (Dipa).

Editor : Siti Rahmadani Hanifah
Sumber : 67389
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini