Tingkatkan Prekonomian Masyarakat Labuhan Batu, Bupati Andi Suhaimi Gerakkan Penyuluhan di Berbagai Sektor

×

Tingkatkan Prekonomian Masyarakat Labuhan Batu, Bupati Andi Suhaimi Gerakkan Penyuluhan di Berbagai Sektor

Bagikan berita
Tingkatkan Prekonomian Masyarakat Labuhan Batu, Bupati Andi Suhaimi Gerakkan Penyuluhan di Berbagai Sektor
Tingkatkan Prekonomian Masyarakat Labuhan Batu, Bupati Andi Suhaimi Gerakkan Penyuluhan di Berbagai Sektor

Rantauprapat, Kongkrit.com—Bupati Labuhan Batu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe kian gencar menggerakkan penyuluh pertanian agar membantu kalangan petani dan peternak meningkatkan hasil produksi. Menurutnya, sektor pertanian maupun peternakan memiliki potensi besar dalam rangka memajukan perekonomian masyarakat Kabupaten Labuhan Batu.Tak hanya lewat instruksi, kepala daerah yang satu ini bahkan memboyong langsung para penyuluh ke sentra-sentra produksi pertanian dan peternakan. Seperti halnya Kamis (12/9) kemarin, dia menyempatkan diri mendampingi para penyuluh untuk bertatap muka dengan petani dan peternak Dusun Gapuk, Desa Tebing Tinggi Pangkatan, Kec Pangkatan.

"Petani harus didorong berinovasi agar hasil produksi terus meningkat. Untuk ini diperlukan peran penting para penyuluh pertanian," ujar Andi Suhaimi, dalam temu ramah yang digelar di rumah salah seorang tokoh masyarakat setempat, Abdul Halim Hasibuan.Dalam kesempatan ini, Andi Suhaimi yang ditemani Ketua Tim Penggerak PKK Labuhan Batu, Hj. Rosmanidar Hasibuan Andi Suhaimi-- mengapresiasi gerakan aktif Abdul Halim Hasibuan dalam memotivasi para petani di dusunnya. Ide-ide inovatif Abdul Halim selama ini telah terbukti berhasil melakukan perubahan mendasar bagi kalangan petani Dusun Gapuk dalam tata kelola lahan pertanian.

"Masyarakat kita memiliki banyak potensi, hal ini harus kita dukung untuk kemajuan para petani di Labuhan Batu. Saat ini sawit sudah rendah harga jualnya, kita alihkan saja lahan sawit yang kita punya dengan bercocok tanam atau beternak," ujar Andi Suhaimi.

Andi Suhaimi mengungkapkan, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pemkab Labuhanbatu memiliki program inovatif dan kolaboratif agar petani padi bisa panen dua sampai tiga kali dalam setahun. Program tersebut telah diterapkan di Desa Selat Beting, Kec. Panai Tengah. "Saat ini Pemkab Labuhan Batu sudah memberikan bibit, pupuk, serta alat panen yang juga gratis, hari ini banyak yang harus kita rapikan ada bibit yang sudah entah kemana dibagikan. Saya harapkan penyaluran bibit dan ternak ini harus tepat, jangan lagi ada yang tidak jelas," tegas Andi Suhaimi.

Sementara itu, Abdul Halim Hasibuan mengungkapkan, masyarakat Dusun Gapuk sebagian berprofesi sebagai buruh tani, bukan pengusaha tani. Upaya yang dilakukannya saat ini adalah mengarahkan masyarakat untuk bertani agar ekonomi keluarganya semakin baik.

"Kami berharap suport (dukungan) dari pemerintah, bagaimana petani kita bisa maju. Saya juga beternak bebek, ada 100 ekor yang masih produktif, harga telurnya juga cukup mahal. Saya ingin masyarakat di sini bisa beternak bebek seperti saya. Saya harap, minimal di desa kita ada pabrik rekayasa pakan bebek, agar kami lebih mudah mendapatkan pakan tersebut," tutur Abdul Halim.

Camat Pangkatan, Chairuddin Nasution mengaku sangat berterimakasih atas kehadiran Bupati Labuhan Batu dan Ketua Tim Penggerak PKK. Kehadiran kedua sosok panutan tersebut, menurutnya akan sangat memotivasi masyarakat Dusun Gapuk. (Novian)

Editor : Siti Rahmadani Hanifah
Sumber : 62973
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini