Karang Taruna Dukung Pengembangan Empat Pilar Pembangunan Labuhan Batu

×

Karang Taruna Dukung Pengembangan Empat Pilar Pembangunan Labuhan Batu

Bagikan berita
Karang Taruna Dukung Pengembangan Empat Pilar Pembangunan Labuhan Batu
Karang Taruna Dukung Pengembangan Empat Pilar Pembangunan Labuhan Batu

Rantauprapat, Kongkrit.com—Sebagai Lembaga yang membawahi kalangan muda, Karang Taruna memastikan akan mengerahkan segala potensi untuk mendukung empat pilar pembangunan yang digagas Pemerintah Kab Labuhan Batu, yakni pertanian, perikanan, peternakan dan perindustrian."Keempat sektor ini sangat sesuai dengan kondisi Labuhan Batu, yang sedang berupaya mendorong tumbuh dan berkembangnya sektor perekonomian masyarakat, khususnya di pedesaan," ujar Ketua Karang Taruna Labuhan Batu, Aswin Syahputra, S.Kep.NS, MKM, kepada wartawan di Rantauprapat, kemarin.

Aswin menjelaskan, pihaknya selama ini fokus mendorong kalangan muda di pedesaan untuk mengembangkan sektor-sektor perekonomian berbasis pertanian peternakan dan perikanan. Karena itu pihaknya merasa mendapat dukungan penuh dengan komitmen pembangunan yang diterapkan Bupati Labuhan Batu H Andi Suhaimi Dalimunthe.Menurut Aswin, Karang Taruna akan berada di garis depan untuk mendorong implementasi dari empat pilar pembangunan Labuhan Batu, dengan memanfaatkan segenap potensi masyarakat, khususnya kalangan muda pedesaan. Dengan meningkatnya perekonomian, maka otomatis akan lahir generasi yang melek pendidikan dan pengetahuan.

"Ini merupakan konsep pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang luar biasa cerdas," tegas Aswin lagi.Dalam berbagai kesempatan bertemu dan berdialog dengan warga, Andi selalu berusaha mendorong kalangan masyarakat pedesaan untuk menekuni secara serius pengelolaan lahan pertanian mereka. Seperti yang dilakukannya di Bilah Hulu, beberapa waktu lalu. Setelah berdialog dengan para petani yang mengelola lahan sekitar 12 hektare, Andi langsung mengumpulkan penyuluh pertanian, khususnya di Bilah Hulu.

Kepada mereka, peraih gelar master teknik ini menginstruksikan agar melakukan pendampingan intensif untuk memperdalam pengetahuan para petani dalam mengelola perkebunan ubi.“Berikan penyuluhan maksimal, sehingga teknik bercocok tanamnya benar dan produksinya dapat tercapai sesuai harapan petani,” tukasnya.

Potensi bisnis ubi kayu dengan bibit yang didatangkan dari Malaysia ini bagi masyarakat Bilah Hulu dipandang cukup menjanjikan. Terlebih, mereka dapat mengakses langsung jaringan pemasaran atas produk hortikultura ini. Sehingga, mereka pun mengalihfungsi lahan kebun sawit dan karetnya menjadi perkebunan ubi kayu."Kami yakin dengan komitmen Bupati yang begitu kuat dan terbangunnya sinergitas antara Dinas terkait dengan masyarakat, keempat pilar pembangunan ini akan mampu memacu Labuhan Batu menjadi Kabupaten yang lebih menjanjikan di masa depan," ujar Aswin. (Novian)

Editor : Siti Rahmadani Hanifah
Sumber : 62970
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini