Kabupaten Pessel Menuju Sentra Batik di Sumatera Barat

×

Kabupaten Pessel Menuju Sentra Batik di Sumatera Barat

Bagikan berita
Kabupaten Pessel Menuju Sentra Batik di Sumatera Barat
Kabupaten Pessel Menuju Sentra Batik di Sumatera Barat

Pessel, Kongkrit.com---Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Hendrajoni melaunching Batik Mandeh Rubiah di Rumah Dinas Bupati, Sabtu (24/8). Hal tersebut dilakukan untuk kabupaten Pessel menjadi sentra batik di Sumatera Barat. Turut hadir dalam acara tersebut Dr. Pramono (Finolog) peneliti Naskah Kuno Dari kampus Unand, Ketua TP-PKK Lisda Hendrajoni, kepala OPD, Camat dan Wali NagariBupati H.Hendrajoni menyampaikan, Batik Mandeh Rubiah adalah sejarah untuk Kabupaten Pesisir Selatan, makanya harus kita lestarikan dan kita bangga sebagai masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan mempunyai Batik Mandeh Rubiah.

Disamping itu Bupati meminta setiap Kantor - kantor, Sekolah - Sekolah di Kabupaten Pesisir Selatan wajib memakai Batik Mande Rubiah, siapa lagi yang memakainya kalau bukan kita, ucap Bupati.Ketua TP PKK kabupaten Pesisir Hj.Lisda Hendrajoni menyebut, Batik Mandeh Rubiah dalam bulan ini akan di bawa New York untuk diperagakan dan dipromosikan agar dunia tau kalau Kabupaten Pesisir Selatan mempunyai Batik Mandeh Rubiah.

Selain Batik Kabupaten Pesisir Selatan Selatan kata bupati, juga di kenal akan budaya nya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 13-16 Agustus 2019 juga menetapkan enam karya budaya Pesisir Selatan sebagai Warisan Budaya Tak benda yakni Tari Benten, Tari Sikambang Manih, Tari Kain, Anak Balam, Badampiang dan Patang Balimau. (Ys)

Editor : Siti Rahmadani Hanifah
Sumber : 60949
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini