Ketua TP. PKK Sumbar Kunjungi Posyandu Sekunder 1 Koto Baru

×

Ketua TP. PKK Sumbar Kunjungi Posyandu Sekunder 1 Koto Baru

Bagikan berita
Ketua TP. PKK Sumbar Kunjungi Posyandu Sekunder 1 Koto Baru
Ketua TP. PKK Sumbar Kunjungi Posyandu Sekunder 1 Koto Baru

Pasaman Barat, kongkrit.com --- Tim penilai lomba Posyandu Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2019 yang diketuai langsung oleh Ketua TP. PKK Sumbar Nevi Irwan Prayitno mengunjungi Posyandu Sekunder 1 Terintegrasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Bina Keluarga Balita (BKB) di Jorong Ophir, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak nan Duo, Kamis (22/8) pagi.Tampak hadir, Ketua Sementara DPRD Pasbar H.Erianto, Ketua TP. PKK Pasbar Yunisra Syahiran, Wakil Ketua TP. PKK Pasbar Sifrowati Yulianto, Kepala DPMN Pasbar Etris Dsem, Camat Luhak Nan Duo Ahmad Hanif, Wali Nagari Koto Baru dan masyarakat setempat.

Posyandu Sekunder 1 Terintegrasi PAUD dan BKB ini mewakili Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dalam rangka lomba Posyandu berprestasi tingkat Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2019.Plt. Bupati Pasbar, H. Yulianto menyampaikan bahwa pelayanan masyarakat berbasis Posyandu saat ini terus dikembangkan dengan meningkatkan peran serta masyarakat dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan bersih.

"Perilaku hidup sehat dan bersih terus kita upayakan dan lalukan pembinaan agar menjadi budaya bagi masyarakat," ujarnya.Menurutnya, peran masyarakat dalam memberikan pelayanan kesehatan semakin membuktikan hasil, mulai dari pemeriksaan Ibu Hamil, Penimbangan Balita, pelayanan KB, penanganan gizi buruk, Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lanjut Usia, PAUD dan upaya-upaya kongkrit yang merupakan wujud kepedulian masyarakat yang tidak ternilai.

"Semua jenis kegiatan ini merupakan salah satu bentuk usaha kesehatan yang berbasis masyarakat. Mudah-mudahan dapat mewujudkan peningkatan pembangunan di bidang kesehatan dan mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan indek pembangunan manusia di Pasbar," jelas Yulianto.Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat telah melakukan berbagai upaya antara lain, mendorong nagari untuk meningkatkan Anggaran Dana Nagari (ADN) untuk Posyandu baik berupa honorarium kader maupun biaya operasional Posyandu.

Selain itu, Pemkab Pasbar juga mendorong pemerintah nagari untuk melengkapi sarana dan prasarana Posyandu, mendorong sinergitas antara semua stakeholder untuk mensosialisasikan seluruh program Posyandu serta membangun aplikasi SIPON DPMN yang berguna untuk memantau pelaksanaan Posyandu dan melaksanakan penilaian Posyandu berprestasi tingkat Kabupaten Pasbar."Dari penilaian yang dilakukan oleh DPMN beberapa waktu lalu, kita melihat Posyandu Sekunder 1 Jorong Ophir merupakan Posyandu terbaik tingkat Pasbar. Kita berharap juga Posyandu Sekunder 1 dapat berkiprah di tingkat provinsi dan nasional nantinya," lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Penilai Posyandu berprestasi Sumbar, Nevi Irwan Prayitno menilai bahwa kader Posyandu Sekunder 1 layak masuk nominasi tingkat Sumbar."Kita melihat Kader Posyandu Sekunder 1 layak masuk nominasi kader berprestasi tingkat Sumbar. Oleh sebab itu kita hari ini turun untuk melihat secara langsung kondisi pelayanan Posyandu secara langsung," ungkapnya. (Romi Nasution)

Editor : Siti Rahmadani Hanifah
Sumber : 60637
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini