MusrenbangDes dan Penyusunan RKPDes Tahun 2020 Desa Sei Nagalawan

×

MusrenbangDes dan Penyusunan RKPDes Tahun 2020 Desa Sei Nagalawan

Bagikan berita
MusrenbangDes dan Penyusunan RKPDes Tahun 2020 Desa Sei Nagalawan
MusrenbangDes dan Penyusunan RKPDes Tahun 2020 Desa Sei Nagalawan

Sergai, Kongkrit.com—Demi untuk meningkatkan Pembangunan sarana Infrastruktur dan Ekonomi, Kesehatan  serta Budaya Pemerintah Desa (Pemdes) Sei Nagalawan Kecamataan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) adakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dan RKPDes  Tahun 2020 di Dusun I Aula Kantor Desa Sei Nagalawan, Rabu (21/8/2019).Pada acara ini dihadiri oleh : Kades Sei Nagalawan Japar Siddik, Ketua TP PKK Ny. Erlina Japar Siddik, Sekdes Siti Aminah, Kaur Keuangan Abd. Hakim, Kaur umum Nurhasanah, Kaur Pemerintahan Mariana, Bendahara Nurhasanah, Ketua BPD Syahrul, Ketua LKMD M.Husin  serta Para Kepala Dusun dan Tokoh Masyarakat, Agama, Bidan Desa.

Asniwati Br. Karo Kasi PMD, Anisyah Weni Kasi Kesos, Pendamping Desa Abdul Rahman dan PDL Lis Utari, Bhabinkamtibmas M. Napitupulu, Babinsa Amri Nasution.Pada acara MusrenbangDes diawali pembukaan dengan doa oleh Ustad Salaman, 

Kades Sei Nagalawan Japar Siddik pada Sambutannya mengatakan terimakasih kepada Tim I Kecamataan Perbaungan dan masyarakat yang hadir pada acara hari ini, dan  memaparkan Penyusunan RPJMDes selama 6 Tahun selama  menjadi Kades di Sei Nagalawan yang berjumlah 3 Dusun, katanya.Kasi PMD Asniwati Br. Karo mengatakan bahwa dari hasil musyawarah ini akan  menampung usulan dari masyarakat dan akan disusun oleh Tim RKPDes Tahun  2020, yang telah ditetapkan oleh Pemdes Sei Nagalawan, serta membahas RKPDes THN 2019 yg belum terealisasi dan juga memaparkan Masalah Kesehatan yaitu  Stanting :  perkembangan Pertumbuhan Anak, dan Kasi PMD juga memaparkan tentang pencegahan Stantin agar para Ibu hamil selalu memberi susupan gizi selama masa kehamilan agar jika si Anak sudah lahir tumbuh menjadi jadi normal dan tidak cacat pisik (Kerdil), pungkas Asniwati Br Karo.

Kades Sei Nagalawan juga menyebutkan  dengan adanya musyawarah ini seluruh program Pemdes untuk Tahun  2020 nanti lebih terukur, terarah, tepat guna dan tepat sasaran sesuai dengan usulan dari masyarakat, pembangunan Fisik dan pemberdayaan masyarakat, pungkas Kades Sei Nagalawan.Japar Siddik menambahkan bahwa dari hasil RKPDes Tahun 2019 sekitar 80 persen seluruh kegiatan pembangunan telah dilaksanakan  akan dilaksanakan dan pembangunan yang belum terealisasi akan dikerjakan setelah Dana Desa (DD) tahap III Tahun 2019 ini baru kembali akan laksanakan.

Kades Sei Nagalawan pun mengatakan bahwa tahap pembangunan yang dilaksanakan oleh mereka mulai dari proses perencananan, pengusulan kegitan, dan pelaksanaan sampai akhir berjalan lancar. “Disisi teranparansi kami selalu ke depankan dengan melibatkan stakeholders bahkan akan ada sosialisasi kembali terkait realisasi penggunaan anggaran ini,” pungkasnyaPada hasil musyawarah tersebut rencana pembangunan usulan masyarakat adalah :

Dusun I : SPAL 300 M, Saluran Irigasi 1000 M, Leningan 300 M, Sumber Air Bersih 1 Unit.Dusun II : Saluran Pembuangan 750 M, Saluran Irigasi 600 M.

Dusun III : DAM Pembuangan dan Pembuangan Air Asin 1 Unit, Drainase 300 M, Irigasi 800 M, Plat Beton 2 M x 8 M dan Saluran Air Bersih 1 Unit. (Dipa).

Editor : Siti Rahmadani Hanifah
Sumber : 60524
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini