MUSDES Menjadi Landasan Strategis Pembangunan Di Desa Hadipolo

×

MUSDES Menjadi Landasan Strategis Pembangunan Di Desa Hadipolo

Bagikan berita
MUSDES Menjadi Landasan Strategis  Pembangunan Di Desa Hadipolo
MUSDES Menjadi Landasan Strategis Pembangunan Di Desa Hadipolo

Kudus,Kongkrit.com - Musyawarah Desa atau MUSDES adalah proses musyawarah antara Badan permusyawaratan desa (BPD), Pemerintah desa, dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh BPD untuk menyepakati hal yang bersifat strategis. Musyawarah adalah forum pengambilan keputusan yang sudah dikenal sejak lama dan menjadi bagian dari dasar negara Indonesia Sila keempat Pancasila menyebutkan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan.

Dalam acara yang di hadiri Kepala Desa Hadipolo beserta jajarannya, BPD beserta anggotanya, dalam kesempatan tersebut hadir juga perwakilan dari Kecamatan Jekulo Bapak Wijiyanto Kasi Tata Pemerintahan dan seluruh pengurus RT/ RW di Desa Hadipolo hadir pula tokoh Agama dan Masyarakat beserta tamu undangan yang hadir. Acara yang penuh nuansa kebersamaan dan keakraban tersebut di warnai dengan usulan dari Pengurus RT/ RW terkait usulan pembangunan di wilayahnya masing masing.

Dari sekian banyak usulan yang ada masih didominasi usulan usulan pembangunan Infrastrutur di wilayah RT /RW masing masing. Berbeda dengan harapan dan tujuan dari Program Dana Desa yang lebih mengutamakan pembanguan SDM ( sumber daya manusia) bagi masyarakat Desa.Salah satu peserta MUSDES juga menyampaikan usulannaya " kiranya di ijinkan kami mempunyai usulan bagaimana kalau di tingkat RW atau Desa di bangun koperasi yang bertujuan untuk pengembangan ekonomi masyarakat dan diharapkan juga dapat mendongkrak PAD (Pendapatan Asli Desa) " ucap Biyanto selaku Ketua RW 03 Dukuh Mbareng Cempleng.

Kepala Desa juga menyampaikan pendapatnya terkait banyaknya usulan - usulan dari masyarakat " saya berserta seluruh Perangkat Desa akan semaksimal mungkin memperjuangkan dan berusaha merealisasikan semua usulan bapak - bapak dan ibu - ibu semuanya. Tapi perlu di ketahui bersama dari semua usulan saudara - saudara , tidak akan mungkin bisa kita lakukan di TA 2020, tapi usulan saudara semua akan kami lanjutkan di Anggaran Perubahan 2020 dan jika masih ada yang terlewat akan kami lanjutkan di TA 2021.

Untuk usulan Pak Biyanto terkait Koperasi atau rintisan BUMDES saya sangat setuju sekali. Dan kedepan bisa kita diskusikan bersama sama " ucap Wawan Setiawan dengan santun dan tegas.Dalam kesempatan yang sama perwakilan dari pihak Kecamatan juga menyampaikan penjelasan terkait banyaknya usulan dari masyarakat " perlu di ketahui bersama tidak semua pembanguan di desa boleh di lakukan oleh pemerintah desa atau menggunakan Dana Desa, kami bersama Pemerintahan Desa akan memilah dan memilih serta menyesuaikan usulan saudara - saudara semua di mana yang boleh di kerjakan oleh Desa ,Kabuaten dan Provinsi.

Terkait usulan pembuatan Koperasi Desa atau rintisan BUMDES, itu sangat bagus sekali dan akan lebih positif lagi jika BUMDES tersebut bisa menjadi basis berkembangnya UMKM di Desa Hadipolo" ucap Wijiyanto selaku perwakilan dari pihak kecamatan.Salah satu Angota BPD Desa Hadipolo Saudara Yanto, juga memberikan tanggapan terkait hal tersebut " saya sangat setuju dengan usulan pendirian Koperasi Desa atau rintisan BUMDES tersebut, akan tetapi hendaklah di imbangi dengan pembanguan SDM (sumber daya manusia) di desa hadipolo.

Sebab jika SDM di desa kita maju, seperti apa yang menjadi tujuan utama program DD ( Dana Desa ) , saya berkeyakinan BUMDES yang kita bangun akan maju pesat dan pembanguan di desa kita juga akan mengalami kemajuan di segala bidang" ucap Yanto saat kita konfermasi setelah acara Musdes selesai.Report: Rudy Syafii

Editor : Siti Rahmadani Hanifah
Sumber : 60463
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini