SMPN 1 Sungai Beremas Meriahkan HUT RI Ke 74 Tanpa Sampah Plastik

×

SMPN 1 Sungai Beremas Meriahkan HUT RI Ke 74 Tanpa Sampah Plastik

Bagikan berita
SMPN 1 Sungai Beremas Meriahkan HUT RI Ke 74 Tanpa Sampah Plastik
SMPN 1 Sungai Beremas Meriahkan HUT RI Ke 74 Tanpa Sampah Plastik

Pasaman Barat, kongkrit.com --- Banyak hal yang dilakukan warga negara untuk meramaikan perayaan hari kemerdekaan ke-74 Indonesia. Mulai dari mengadakan lomba-lomba hingga pawai.Pawai 17 Agustus pun tentu menjadi salah satu momen paling dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Selain atraksi dan hiasan yang menarik, kostum-kostum di pawai 17 Agustus juga sering menjadi sorotan utama para warga.

Seperti halnya pawai yang berlangsung di Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat ini. Kecamatan yang berada di pesisir pantai ini, memiliki beragam sampah di bibir pantai dan tak sedikit juga ditemukan sampah plastik yang berserakan.

Atas dasar itu, muncul ide dari salah seorang guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sungai Beremas untuk memanfaatkan sampah plastik di lingkungannya dengan membawa misi lingkungan.Urfi Hanifah, S.Pd (26) dan kawan-kawan misalnya, mereka mengusung tema "Bersih lingkunganku, indah bumiku, senang hatiku" dengan cara membuat miniatur Rumah Gadang dari botol aqua bekas yang diisi sampah plastik.

"Ini dikerjakan selama dua minggu. Setiap siswa membawa 10 botol aqua berisi sampah plastik yang dikumpulkan dari lingkungan tempat tinggalnya masing-masing," kata urfi, Sabtu (17/8).Rumah gadang ini dirancang oleh Difki Rahimsyah, S.Pd dengan jumlah aqua yang terpakai kurang lebih sebanyak 2000 pcs, yang mana kearifan lokal ini bermaksud untuk menginspirasi dan juga mengajak masyarakat Air Bangis untuk lebih peka lagi terhadap lingkungan. Sebab sampah plastik adalah salah satu penyebab rusaknya bumi.

"kita berharap masyarakat air bangis bisa lebih peka terhadap dampak dari sampah plastik itu sendiri. Sebab sampah plastik ini akan merusak bumi karena sulit untuk diurai," katanya.Tagline yang diusung kali ini adalah "Jagolah nan patuik dijago, parancaklah nan buruak. Elok nagari dek laku baiak, rancak nagari dek tajago"

Terakhir, Guru yang hobby berpuisi ini berpesan bahwa sudah saatnya masyarakat menjaga kebersihan karena Air Bangis merupakan lokasi objek wisata yang perlu diutamakan kenyamanan pengunjung."HUT RI Ke 74 ini mengusung tema SDM Unggul, Indonesia Maju. Jadi, salah satu bentuk SDM yang unggul itu adalah pribadi yang kreatif dan inovatif dalam berkarya, terutama dalam hal pemanfaatan sampah," tandasnya mengakhiri. (Romi Nasution)

Editor : Siti Rahmadani Hanifah
Sumber : 60085
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini