Pemda Pulau Morotai Siapkan 200 Ekor Sapi di Idul Adha

×

Pemda Pulau Morotai Siapkan 200 Ekor Sapi di Idul Adha

Bagikan berita
Pemda Pulau Morotai Siapkan 200 Ekor Sapi di Idul Adha
Pemda Pulau Morotai Siapkan 200 Ekor Sapi di Idul Adha

Morotai, Kongkrit.com—Menjelang Hari raya Idul kurban yang jatuh tepatnya pada hari minggu 11 agustus 2019 pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai akan menyalurkan 200 ekor sapi untuk di sembelih pada hari raya kurban. Hal itu di sampaikan kabag kesrah Sahril Totona saat di hubungi media imalut melalui via WA pada sabtu, 10/9/19.

Hewan kurban katanya berupa sapi ini di salurkan oleh pemda melalui masing-masing dinas di antaranya Bagian Umum sebanyak 3 ekor, Kesrah sebanyak 8 ekor, bagian hukum 6 ekor, humas dan protokoler 3 ekor, pemerintahan 3 ekor, sekretariat DPRD 3 ekor, Bappeda 6 ekor, Dinas pendidikan 2 ekor, dinas perumahan dan pemukiman 2, dinas sosial 18 ekor.Lanjutnya Dinas Perindustrian 9 ekor, dinas parawisata 2 ekor, dinas pertanian 4 ekor, Dinas perhubungan 14 ekor, Dinas perikanan 10 ekor, BKD 4 ekor,  Kesbangpol 9 ekor, BLH 3 ekor, Disnaker 9 ekor, Dukcapil 6 ekor, PTSP 5 ekor, perpustakaan daerah 11 ekor, Satpol PP 9 ekor, kecamatan Morotai selatan 10 ekor, Kec. Morotai Timur 12 ekor, Kec. Morut 4 ekor, Kec. Morja 3 ekor, Kec. Morotai selatan Barat 4 ekor, Unit pelayanan pengadaan 3 ekor BPKAD 4 ekor sehingga secara keseluruhan berjumlah 200 ekor hewan qurban.

Sapi sebanyak 200 ekor ungkap Sahril, akan di bagikan ke seluruh masjid-masjid yang ada di lima kecamatan di pulau Morotai untuk di kurbankan setelah shalat Id di laksanakan dan di bagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Untuk proses distribusi ke desa-desa sudah di lakukan sejak jumat kemarin.Pembagian hewan kurban ke desa-desa pun jumlahnya fariatif sesuai dengan besar kecilnya Desa dan banyak sedikitnya jumlah penduduk umat muslim. Di desa-desa yang besar penduduknya di berikan antara 13-15 ekor sedangkan di desa yang kecil penduduknya di berikan antara 1-2 ekor hewan kurban terangnya.

Sementara kata Sahril teknis pembagian ke masyarakat secara berseri sesuai yang berhak menerimanya terutama orang yang berkurban, kaum duafa fakir miskin, serta tetangga dan kerabat di sekitarnya sedangkan besaranya tergantung jumlah hiba yang menerimah.Harapannya dengan adanya Hari raya Qurban umat muslim dapat mengenang kembali peristiwa bersejarah yang terjadi pada masa lalu dan menjadi catatan penting bagi umat muslim saat ini dan selanjutnya, serta masyarakat secara ikhlas terus mau berkurban sebahagian hartanya untuk saudara-saudara yang lain yang membutuhkannya.(oje)

Editor : Siti Rahmadani Hanifah
Sumber : 59203
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini