lomba Makanan Kudapan Berbasis Non Beras Non Terigu di Gelar Pemko Medan

×

lomba Makanan Kudapan Berbasis Non Beras Non Terigu di Gelar Pemko Medan

Bagikan berita
lomba Makanan Kudapan Berbasis Non Beras Non Terigu di Gelar Pemko Medan
lomba Makanan Kudapan Berbasis Non Beras Non Terigu di Gelar Pemko Medan

Medan, Kongkrit.com—Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan menggelar lomba Makanan Kudapan Berbasis non beras non terigu di Lapangan Merdeka, Sabtu (3/8). Lomba ini diharapkan dapat meningkatan pengetahuan masyarakat tentang konsumsi pangan non beras terigu, meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mengolah dan menyajikan kudapan untuk keluarga dan masyarakat, mendorong kreatifitas masyarakat dan pengusaha pangan lokal dalam mengembangkan dan menciptakan makanan kudapan sebagai usaha bisnis pangan lokal olahan di Kota Medan.

Lomba yang diikuti sebanyak 80 orang dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan dan masyarakat Kota Medan, dibuka Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial Kota Medan Musaddad Nasution.

Dalam sambutan tertulis Wali Kota yang dibacakan Aspem sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini dan acara ini jangan hanya menjadi slogan saja, namun perlu diterapkan ke kehidupan sehari-hari."Hal ini jangan hanya slogan saja, tetapi perlu kita terapkan karena banyak berbagai penyakit bila makan hanya olahan beras dan terigu saja," ujarnya.

Lebih lanjut, Aspem mengungkapkan bahwa konsumsi pangan yang berkualutas ditandai dengan pola konsumsi pangan masuarakat sehari-hari dengan keanekaragaman jenis pangan yang bersumber dari karbohidrat, pritein, vitamin dan mineral dan kandungan gizinya agar tercapai hidup sehat, aktif dan priduktif."Pemerintah secara gencar melakukan upaya diversifikasi konsumsi pangan mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Upaya teraebut dilakukan tidak untuk mengganti beras secara total, akan tetapi mengubah pola konsumsi pangan masyarakat dari dominan beras kepada berbagai ragam jenis pangan," ungkapnya.

Untuk itu, tambah Aspem, salah satu upaya Pemko Medan dalam mendukung program diversifikasi konsumsi pangan dan pengembangan usaha bisnis pangan olahan adalah dengan melaksanakan lomba makanan kudapan yang berbasisi non beras terigu guna meningkatkan pemahaman usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam mengolah dan menyajikan makanan kudapan berbasis non beras terigu baik untuk keluarha dan masyarakat."Diharapkan kegiatan ini dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya sehingga tercipta kreasi makanan kudapan yang dapat meningkatkan usaha yang mempunyai nilai ekonomis dan berkompetitif sehingga dapat meningkatkab pendapatan," harapnya.

Aspem juga mengajak kepada TP PKK Kota Medan agar mendukung dan mensuport para pelaku UMKM guna memajukan produk UMKM yang ada di Kota Medan.Usai memberikan kata sambutan, Aspem didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Emilia lubis mengecek satu persatu hasil kudapan yang telah di buat para peserta.(HM/Novian)

Editor : Siti Rahmadani Hanifah
Sumber : 58456
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini