Pj Bupati Tulungagung Resmi Melaunching Batik Ciprat Arsiduta SMPN 1 Kedungwaru

×

Pj Bupati Tulungagung Resmi Melaunching Batik Ciprat Arsiduta SMPN 1 Kedungwaru

Bagikan berita
Pj Bupati (tengah) didampingi Sekdakab, Kadindik, perwakilan Polres Tulungagung dan KS SMPN 1 Kedungwaru
Pj Bupati (tengah) didampingi Sekdakab, Kadindik, perwakilan Polres Tulungagung dan KS SMPN 1 Kedungwaru

KONGKRIT.COM - Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno secara resmi melaunching "Batik Ciprat Arsiduta" SMPN 1 Kedungwaru, di taman titik 0 Tulungagung, Jumat (24/11/2023) sore.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Sekdakab, Kepala Dinas Pendidikan Tulungagung, Rahadi P dan seluruh KS SMPN yang ada di Tulungagung.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Heru Suseno mengatakan, peluncuran batik ciprat siswa siswi SMPN 1 Kedungwaru merupakan momentum yang menandai telah tumbuh kembangnya kecintaan dan inovasi terhadap khasanah kearifan lokal yang dimiliki Kabupaten Tulungagung. Terlebih karya tersebut lahir dan perkembangannya dari siswa siswi SMP di Tulungagung.

"Batik merupakan warisan budaya leluhur yang patut kita lestarikan di Indonesia.Di samping memiliki nilai-nilai filosofis dan estetika yang tinggi, batik juga memiliki potensi ekonomi yang besar," ucapnya.

Heru Suseno juga menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi yang setinggi - tingginya kepada SMPN 1 Kedungwaru yang telah berinisiatif dan bertekad melestarikan Batik Ciprat untuk seragam khusus di sekolahnya serta untuk menumbuhkan kecintaannya terhadap warisan nenek moyang.

"Saya ucapkan selamat kepada SMPN 1 Kedungwaru yang telah berinisiatif melestarikan batik ciprat untuk seragam khusus di sekolahnya," tambahnya.

Menurutnya, penanaman pendidikan karakter di sekolah melalui penerapan kurikulum merdeka terbukti bisa mengimplementasi program P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Pendidikan karakter pada tingkatan institusi mengarah pada pembentukan budaya sekolah yaitu nilai-nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktekkan oleh semua warga sekolah dan masyarakat sekitar.

Maka melalui pendidikan karakter Pj Bupati berharap peserta didik SMP mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menjadikan motivasi bagi sekolah sekolah lain untuk mengembangkan potensi diri yang dimilikinya. Saya yakin dengan dukungan dari semua pihak Batik Ciprat SMPN 1 Kedungwaru akan semakin berkembang dan diminati oleh masyarakat," harapnya.

Editor : HN. Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini