Hari Jadi Sumbar ke-79, Audy Joinaldy Ajak Masyarakat Bangkitkan Cinta pada Kampung Halaman

×

Hari Jadi Sumbar ke-79, Audy Joinaldy Ajak Masyarakat Bangkitkan Cinta pada Kampung Halaman

Bagikan berita
Hari Jadi Sumbar ke-79, Audy Joinaldy Ajak Masyarakat Bangkitkan Cinta pada Kampung Halaman (Foto: Dok. Istimewa)
Hari Jadi Sumbar ke-79, Audy Joinaldy Ajak Masyarakat Bangkitkan Cinta pada Kampung Halaman (Foto: Dok. Istimewa)

KONGKRIT.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, menekankan pentingnya peringatan Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat sebagai momen untuk membangkitkan kecintaan masyarakat terhadap kampung halaman serta adat dan budaya yang menjadi fondasi daerah ini.

Audy mengajak masyarakat untuk bersama-sama memajukan Sumbar dengan semangat gotong-royong.

Hal tersebut disampaikan Audy saat memberikan sambutan dalam Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat ke-79 di Gedung DPRD Sumbar, Selasa, 1 Oktober 2024.

Rapat yang digelar penuh khidmat ini juga menghadirkan orasi dari sejumlah tokoh nasional seperti Yusharto Huntoyungi, Dino Patti Djalal, dan Musliar Kasim.

"Peringatan tahun ini sangat spesial, terutama karena Sumbar baru saja melewati masa sulit akibat bencana alam yang mempengaruhi ekonomi kita. Namun, berkat kerja sama seluruh pihak, kita berhasil bangkit dari krisis tersebut," ujar Audy dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Audy menjelaskan bahwa Provinsi Sumatera Barat terus berkomitmen untuk mewujudkan visi menjadi provinsi yang unggul dengan berlandaskan sumber daya manusia yang religius pada tahun 2025.

Sejalan dengan itu, Pemprov Sumbar bersama pemerintah kabupaten/kota dan berbagai instansi terus berupaya meningkatkan pembangunan di berbagai sektor.

Audy juga menyebutkan beberapa capaian penting, seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumbar yang kini berada di peringkat ketujuh nasional, harapan lama sekolah yang mencapai 14,11 tahun, serta angka kemiskinan yang turun menjadi 5,95 persen pada tahun 2023.

"Tahun ini, pemerintah mengalokasikan Rp1,6 triliun dalam APBD untuk mengatasi masalah kemiskinan," ungkapnya.

Apresiasi Kemendagri dan Tantangan Inflasi

Sementara itu, Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri, Yusharto Huntoyungi, yang mewakili Menteri Dalam Negeri, memberikan apresiasi kepada Pemprov Sumbar atas kinerja baik dalam menjaga stabilitas dan ketentraman di daerah.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini