Pemko Padang Ajak Warga Kibarkan Bendera Merah Putih untuk Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

×

Pemko Padang Ajak Warga Kibarkan Bendera Merah Putih untuk Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Bagikan berita
Pemko Padang Ajak Warga Kibarkan Bendera Merah Putih untuk Peringatan Hari Kesaktian Pancasila (Foto: Dok.Istimewa)
Pemko Padang Ajak Warga Kibarkan Bendera Merah Putih untuk Peringatan Hari Kesaktian Pancasila (Foto: Dok.Istimewa)

KONGKRIT.COM - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober, Pemerintah Kota (Pemko) Padang mengajak seluruh warga untuk mengibarkan bendera Merah Putih sebagai bentuk penghormatan.

Melalui Surat Edaran No: 000/746/BU-PDG/2024, yang diterbitkan pada 29 September 2024, Pemko menginstruksikan agar bendera dikibarkan setengah tiang pada 30 September dan satu tiang penuh pada 1 Oktober 2024.

Surat edaran ini ditandatangani oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Yosefriawan, dan merujuk pada Surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No: 23224/MPK.F/TU.02.03/2024, tertanggal 10 September 2024.

Tema peringatan tahun ini adalah “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas.”

Dalam surat edaran tersebut, disampaikan bahwa masyarakat diimbau untuk mengibarkan Bendera Merah Putih mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

"Masyarakat diimbau untuk mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang pada 30 September 2024 dan satu tiang penuh pada 1 Oktober 2024," jelas Yosefriawan.

Selain itu, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Padang juga diminta untuk memberikan contoh dengan mengibarkan bendera di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Yosefriawan menekankan pentingnya peran camat dan lurah dalam mengingatkan warga.

"Kepada camat dan lurah beserta jajaran, diimbau untuk mengingatkan warganya melalui RT/RW untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada tanggal 30 September dan 1 Oktober di wilayah masing-masing," tambahnya.

Dengan ajakan ini, Pemko Padang berharap seluruh masyarakat bisa berpartisipasi aktif dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, sebagai bentuk penghormatan terhadap dasar negara Indonesia.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini