Karisma Event Nusantara Rang Solok Baralek Gadang 2024 Resmi Dimulai

×

Karisma Event Nusantara Rang Solok Baralek Gadang 2024 Resmi Dimulai

Bagikan berita
Karisma Event Nusantara Rang Solok Baralek Gadang 2024 Resmi Dimulai (Foto: Dok.Istimewa)
Karisma Event Nusantara Rang Solok Baralek Gadang 2024 Resmi Dimulai (Foto: Dok.Istimewa)

KONGKRIT.COM - Karisma Event Nusantara (KEN) Rang Solok Baralek Gadang Tahun 2024 resmi dibuka. Kegiatan yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI ini berlangsung untuk ketiga kalinya di Hamparan Sawah Solok, mulai Kamis, 19 September hingga Sabtu, 21 September 2024.

Acara dibuka dengan Pawai Budaya yang melibatkan berbagai komunitas, dimulai dari Tugu Carano, melewati Jalan Sudirman, Simpang Denpal, 6 Suku, Simpang Ambacang, dan berakhir di Hamparan Sawah Solok.

Prosesi pembukaan ditandai dengan tradisi 'Malambuik Padi' yang melambangkan kegiatan panen padi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar beserta istri, Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra, serta sejumlah pejabat penting seperti Staf Ahli Menparekraf Bidang Inovasi dan Kreativitas, Restog Krisna Kusuma, dan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat, Andri Yulika.

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh ribuan masyarakat, delegasi dari berbagai negara, serta kepala OPD Pemko Solok.

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, menyatakan bahwa rangkaian kegiatan ini merupakan upaya untuk menjadikan Kota Solok sebagai 'Kota Beras Serambi Madinah', sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Rencana Induk Kota Cerdas Kota Solok Tahun 2020-2025.

Konsep ini berfokus pada ketahanan pangan, adat budaya, dan keindahan alam yang menjadi ciri khas masyarakat setempat.

Event ini juga bertujuan untuk memperkenalkan potensi ekonomi lokal dan mendukung pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kegiatan akan melibatkan berbagai perlombaan dan pertunjukan seni dari dalam dan luar negeri, serta penampilan artis lokal dan nasional.

Dari perspektif promosi pariwisata, Wali Kota berharap event ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan menggerakkan perekonomian masyarakat.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini