Kota Pariaman Luncurkan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer Bersama Dirjen Kesmas

×

Kota Pariaman Luncurkan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer Bersama Dirjen Kesmas

Bagikan berita
Kota Pariaman Luncurkan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer Bersama Dirjen Kesmas (Foto: Dok.Istimewa)
Kota Pariaman Luncurkan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer Bersama Dirjen Kesmas (Foto: Dok.Istimewa)

KONGKRIT.COM - Pemerintah Kota Pariaman, melalui Puskesmas Air Santok, menggelar acara peresmian Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP), yang bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat secara terintegrasi.

Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, dr. Maria Endang Sumiwi, MPH, beserta rombongan.

Hadir pula Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, dr. Lila Yanwar, MARS, Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, serta Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Rio Arisandi. Kegiatan berlangsung di Puskesmas Air Santok pada Minggu, 22 September 2024.

Dalam sambutannya, Maria Endang Sumiwi menyampaikan rasa bahagianya dapat menghadiri peluncuran ILP ini sebagai bukti komitmen Sumatera Barat dalam mendukung transformasi pelayanan kesehatan.

Menurutnya, Kementerian Kesehatan sedang melakukan reformasi sistem kesehatan nasional, yang berfokus pada enam pilar utama. Pilar pertama adalah transformasi pelayanan kesehatan primer.

"Pelayanan kesehatan primer adalah ujung tombak yang paling dekat dengan masyarakat. Fokus kita adalah menjaga kesehatan masyarakat agar tetap sehat, bukan hanya mengobati yang sudah sakit. Dengan menjaga kesehatan, masyarakat akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan produktif," jelas Maria.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Kota Pariaman atas inisiatifnya dalam menerapkan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer.

Program ini diharapkan mampu mewujudkan layanan kesehatan primer yang komprehensif dan berkualitas melalui edukasi masyarakat, pencegahan primer dan sekunder, serta peningkatan kapasitas layanan kesehatan primer.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini