Wakil Wali Kota Solok Hadiri Permainan Tradisional di Festival Rang Solok Baralek Gadang

×

Wakil Wali Kota Solok Hadiri Permainan Tradisional di Festival Rang Solok Baralek Gadang

Bagikan berita
Wakil Wali Kota Solok Hadiri Permainan Tradisional di Festival Rang Solok Baralek Gadang (Foto: Dok.Istimewa)
Wakil Wali Kota Solok Hadiri Permainan Tradisional di Festival Rang Solok Baralek Gadang (Foto: Dok.Istimewa)

KONGKRIT.COM - Dalam rangkaian acara Rang Solok Baralek Gadang, Wakil Wali Kota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, ikut berpartisipasi dalam prosesi turun kasawah bersama para pendekar silek tuo Sinpia serta permainan tradisional anak nagari, seperti Batuang Gilo dan urang-urang sawah.

Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 20 September 2024.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua LKAAM Kota Solok H. Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang, Ketua DPRD Kota Solok Fauzi Rusli, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Sitta Novembra, Milda Murniati, serta camat dan lurah se-Kota Solok.

Rangkaian acara dimulai dengan arak-arakan dari Sasaran Silek Tuo Sinpia Sinapa Piliang menuju Hamparan Sawah Solok, lokasi utama pelaksanaan event Rang Solok Baralek Gadang.

Dalam sambutannya, Ketua LKAAM Kota Solok, H. Rusli, menekankan pentingnya menjaga kelestarian tradisi masyarakat setempat, termasuk permainan anak nagari yang menjadi warisan budaya.

“Kita harus mendukung penuh kegiatan anak nagari seperti ini. Jangan sampai tradisi yang telah kita miliki ini punah atau tergeser oleh perkembangan zaman,” ujar H. Rusli.

Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra, juga memberikan apresiasi kepada masyarakat Kelurahan Sinapa Piliang, khususnya Sasaran Silek Sinpia, yang berinisiatif mengadakan kegiatan ini.

“Rang Solok Baralek Gadang merupakan salah satu event nasional yang menampilkan berbagai atraksi, seperti Silek Basilumuh, Batuang Gilo, serta berbagai kegiatan budaya lainnya yang diadakan di hamparan sawah. Kami berharap acara ini tidak hanya menarik wisatawan dari Sumatera Barat, tetapi juga dari seluruh Indonesia, bahkan mancanegara,” ujar Wakil Wali Kota dengan penuh harapan.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini