Pembukaan Kegiatan Pelestarian Adat dan Peningkatan Kapasitas Niniak Mamak se-Kabupaten Solok

×

Pembukaan Kegiatan Pelestarian Adat dan Peningkatan Kapasitas Niniak Mamak se-Kabupaten Solok

Bagikan berita
Pembukaan Kegiatan Pelestarian Adat dan Peningkatan Kapasitas Niniak Mamak se-Kabupaten Solok (Foto: Dok.Istimewa)
Pembukaan Kegiatan Pelestarian Adat dan Peningkatan Kapasitas Niniak Mamak se-Kabupaten Solok (Foto: Dok.Istimewa)

KONGKRIT.COM - Kegiatan pelestarian adat dan peningkatan kapasitas Niniak Mamak se-Kabupaten Solok resmi dibuka di Ball Room Chinangkiak Dream Park.

Acara yang dibuka pada Kamis, 19 September 2024 ini dihadiri oleh berbagai tokoh, termasuk Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Armen AP, MM, serta Camat dan Walinagari se-Kabupaten Solok.

Dalam sambutannya, Ketua Forum Kearifan Lokal (ForKAN) Kabupaten Solok, Adius Saleh Dt. Rajo Mudo, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, khususnya Bupati Solok, yang telah mempertemukan seluruh Niniak Mamak dalam satu forum.

“Ini adalah kali pertama kami berkumpul dalam kegiatan semacam ini. Terima kasih juga kepada Bupati atas dukungan dalam pemeliharaan rumah adat melalui dana BKK. Di tengah maraknya masalah sosial seperti LGBT dan tawuran, kami sebagai Niniak Mamak perlu berperan aktif untuk melindungi generasi muda dari pengaruh negatif,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Solok menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap adat, budaya, dan agama.

“Kita semua menyaksikan bahwa banyak remaja kita terjerat masalah akibat perkembangan zaman dan teknologi. Oleh karena itu, peran Niniak Mamak sangat penting dalam membina anak-anak kita agar tidak terpengaruh hal-hal negatif,” kata Bupati dalam sambutannya.

Beliau juga menyorot pemahaman dan pengamalan nilai-nilai kehidupan beragama, adat, dan budaya sebagai isu penting dalam pembangunan Kabupaten Solok. “Saya berharap peserta memanfaatkan kesempatan ini untuk berdiskusi dan mencari solusi konkret terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat terkait agama, adat, dan budaya,” tambahnya.

Selain itu, Bupati berharap kegiatan ini dapat mempererat silaturahmi antara Niniak Mamak di Kabupaten Solok.

Acara ini diharapkan menjadi momentum untuk mendorong kolaborasi dalam menjaga dan melestarikan adat istiadat serta memperkuat kapasitas masyarakat dalam menghadapi tantangan zaman.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini