Wabup Rahmang Sosialisasikan Peluang Kerja ke Luar Negeri, Tekankan Pentingnya Disiplin

×

Wabup Rahmang Sosialisasikan Peluang Kerja ke Luar Negeri, Tekankan Pentingnya Disiplin

Bagikan berita
Wabup Rahmang Sosialisasikan Peluang Kerja ke Luar Negeri, Tekankan Pentingnya Disiplin (Foto: Dok.Istimewa)
Wabup Rahmang Sosialisasikan Peluang Kerja ke Luar Negeri, Tekankan Pentingnya Disiplin (Foto: Dok.Istimewa)

KONGKRIT.COM - Wakil Bupati Padang Pariaman, Rahmang, resmi membuka kegiatan Sosialisasi Peluang Kerja ke Luar Negeri dan Launching Padang Pariaman Tenaga Kerja (Papa Naker) yang ditujukan bagi seluruh Wali Nagari se-Kabupaten Padang Pariaman.

Acara ini berlangsung di Hall Saiyo Sakato Pariaman pada Kamis, 19 September 2024, dan dihadiri oleh praktisi serta peserta magang ke Jepang.

Dalam sambutannya, Wabup Rahmang menjelaskan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan peluang kerja di luar negeri, sekaligus mengurangi angka pengangguran di daerah tersebut.

Hal tersebut merujuk pada Undang-Undang Dasar Tahun 1945 yang menjamin setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.

"Realitas menunjukkan bahwa keterbatasan lowongan pekerjaan di dalam negeri mendorong banyak Warga Negara Indonesia mencari peluang di luar negeri. Dari tahun ke tahun, jumlah tenaga kerja yang berangkat ke luar negeri semakin meningkat," ujarnya.

Rahmang berharap peserta dapat menyerap informasi mengenai peluang kerja, terutama program magang di Jepang.

Ia juga memberikan semangat kepada peserta magang untuk bekerja dengan serius dan mengutamakan disiplin.

"Bagi adik-adik, saya ingin kalian bisa beradaptasi di negeri orang, tetap bersemangat, jaga nama baik daerah dan orang tua, serta selalu menjaga kesehatan dan disiplin, karena Jepang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai tersebut," imbuhnya.

Wabup juga meminta Wali Nagari untuk menyampaikan informasi tentang peluang kerja secara resmi kepada masyarakat, agar mereka yang berminat bisa difasilitasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi, dan UKM (DisdagnakerkopUKM) Jon Kenedi menambahkan bahwa Padang Pariaman menempati urutan ketiga dalam pengiriman tenaga kerja ke luar negeri di Sumatera Barat.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini