Antisipasi Sampah Berceceran, Truk Pengangkut Sampah di Padang Kini Tertutup Terpal

×

Antisipasi Sampah Berceceran, Truk Pengangkut Sampah di Padang Kini Tertutup Terpal

Bagikan berita
Antisipasi Sampah Berceceran, Truk Pengangkut Sampah di Padang Kini Tertutup Terpal (Foto: Dok.Istimewa)
Antisipasi Sampah Berceceran, Truk Pengangkut Sampah di Padang Kini Tertutup Terpal (Foto: Dok.Istimewa)

KONGKRIT.COM - Menjawab keluhan warga terkait sampah yang sering tercecer dari truk pengangkut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang telah mengambil langkah tegas.

Mulai saat ini, seluruh truk pengangkut sampah yang beroperasi di Kota Padang dipastikan menggunakan terpal sebagai penutup bak truk.

"Iya, kami sudah memasang terpal pada setiap bak truk pengangkut sampah," ungkap Kepala DLH Padang, Fadelan Fitra Masta, Kamis (19/9/2024). Langkah ini dilakukan untuk memastikan tidak ada lagi sampah yang bertebaran di jalan selama proses pengangkutan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Dingin.

Sebelumnya, truk-truk sampah DLH hanya menggunakan jaring sebagai penutup. Namun, hal itu tidak cukup efektif karena sampah sering kali lolos di sela-sela jaring dan berceceran di sepanjang perjalanan.

Kini, setiap bak truk telah dilengkapi dengan terpal berwarna biru guna menahan sampah agar tidak berjatuhan.

"Penutupan dengan terpal dan jaring ini penting untuk mencegah sampah terbang, tercecer, atau bahkan menimbulkan bahaya bagi pengguna jalan lainnya," jelas Fadelan.

Selain menjaga kebersihan, penutupan truk sampah dengan terpal juga merupakan upaya untuk mengurangi bau tidak sedap yang dapat menyebar ke lingkungan selama perjalanan.

Ini juga merupakan bagian dari standar operasional baru yang diterapkan DLH Kota Padang untuk angkutan sampah ke depannya.

Saat ini, DLH Padang mengoperasikan 71 unit kendaraan pengangkut sampah yang setiap hari lalu-lalang menuju TPA Air Dingin.

Armada tersebut terdiri dari 29 unit dump truk dan 42 unit truk kontainer, yang secara keseluruhan mengangkut sekitar 650 ton sampah per hari, baik sampah organik maupun non-organik dari seluruh wilayah Kota Padang.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini