Peringatan Hari Pramuka ke-63, Kwarcab Kota Solok Serukan Pentingnya Jiwa Pancasila

×

Peringatan Hari Pramuka ke-63, Kwarcab Kota Solok Serukan Pentingnya Jiwa Pancasila

Bagikan berita
Peringatan Hari Pramuka ke-63, Kwarcab Kota Solok Serukan Pentingnya Jiwa Pancasila (Foto: Dok.Istimewa)
Peringatan Hari Pramuka ke-63, Kwarcab Kota Solok Serukan Pentingnya Jiwa Pancasila (Foto: Dok.Istimewa)

KONGKRIT.COM - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Solok menyelenggarakan apel besar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-63 di Bumi Perkemahan Taman Pramuka Ampang Kualo pada Sabtu, 14 September 2024.

Acara ini berlangsung dengan khidmat, dan dihadiri oleh berbagai elemen penting dari Kota Solok, termasuk Forkopimda, Kepala OPD, Pimpinan Satuan Karya, Pembina Gugus Depan, hingga adik-adik Pramuka dari golongan Siaga, Penggalang, dan Pandega.

Dalam apel tersebut, Ketua Kwarcab Kota Solok, Kak Ramadhani Putra, membacakan sambutan dari Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

Ia menekankan pentingnya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sesuai dengan tema Hari Pramuka ke-63, yaitu "Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI."

"Pramuka berperan penting dalam mempersiapkan generasi muda yang berjiwa Pancasila. Di tengah tantangan zaman yang penuh ketidakpastian, Pramuka tetap menjadi garda terdepan dalam menjaga semangat nasionalisme dan gotong royong," ujar Kak Ramadhani.

Ia juga menyoroti berbagai tantangan yang dihadapi generasi muda Indonesia saat ini, seperti judi online, aksi bullying, narkoba, dan pengaruh budaya asing yang semakin mengikis nilai kebersamaan.

Oleh karena itu, Pramuka diharapkan dapat menjadi benteng yang melindungi generasi muda dari ancaman tersebut.

Apel besar ini diikuti oleh 1.500 peserta dari berbagai Gugus Depan Pramuka di Kota Solok. Sebanyak 990 anggota Pramuka Siaga juga akan berpartisipasi dalam kegiatan Pesta Pramuka Siaga yang berlangsung sepanjang hari.

Ketua pelaksana, Kak Aldo Hendriko, melaporkan bahwa acara ini menjadi ajang penting bagi para anggota Pramuka untuk belajar, berkreasi, dan memperkuat nilai-nilai kebersamaan serta kepedulian sosial.

Setelah apel, acara dilanjutkan dengan penyerahan berbagai penghargaan Pramuka, termasuk Lencana Pancawarsa, Lencana Dharmabakti, dan Lencana Karya Bakti yang diberikan kepada para Andalan Cabang, Korp Pelatih, dan Pembina Gugus Depan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi mereka dalam membina Pramuka di Kota Solok.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini