Hendri: TP PKK Memegang Peranan Vital Sebagai Mitra Strategis Pemerintah Kota Pariaman

×

Hendri: TP PKK Memegang Peranan Vital Sebagai Mitra Strategis Pemerintah Kota Pariaman

Bagikan berita
Hendri: TP PKK Memegang Peranan Vital Sebagai Mitra Strategis Pemerintah Kota Pariaman (Foto: Dok.Istimewa)
Hendri: TP PKK Memegang Peranan Vital Sebagai Mitra Strategis Pemerintah Kota Pariaman (Foto: Dok.Istimewa)

KONGKRIT.COM - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) memiliki peranan penting sebagai mitra strategis dalam Pemerintah Kota Pariaman.

TP PKK berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak di setiap jenjang, untuk memastikan pelaksanaan program-program PKK dan pemerintah daerah dapat berjalan dengan efektif.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Pariaman, Hendri, yang mewakili Penjabat Wali Kota Pariaman pada acara Pembinaan dan Bimbingan Teknis TP PKK Provinsi Sumatera Barat kepada TP PKK Kota Pariaman Tahun 2024.

Acara tersebut berlangsung di Aula Balaikota Pariaman pada Rabu, 18 September 2024.

Hendri menjelaskan bahwa gerakan PKK adalah inisiatif nasional dalam pembangunan masyarakat yang berkembang dari bawah, dengan pengelolaan yang dilakukan oleh dan untuk masyarakat itu sendiri.

“Pemberdayaan keluarga mencakup berbagai upaya dalam bimbingan, pembinaan, dan pemberdayaan agar keluarga dapat hidup sejahtera, maju, dan mandiri,” ujarnya.

Ia juga menyoroti pentingnya peran TP PKK dalam membentuk kelompok dasawisma dan posyandu, yang merupakan institusi berpotensi besar di tingkat komunitas.

“Keberhasilan program kesejahteraan keluarga sangat dipengaruhi oleh sinergi antara gerakan keswadayaan masyarakat dan bimbingan teknis dari berbagai instansi atau lembaga terkait,” tambah Hendri.

Hendri berharap bahwa Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh TP PKK Provinsi Sumatera Barat ini dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan peran serta TP PKK dalam mendukung kinerja PKK.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kelembagaan PKK, meningkatkan administrasi PKK, dan memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai kebijakan pemerintah,” tuturnya.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini