Kota Padang Menoreh Sejarah Baru dengan Penghargaan Bergengsi Green Leadership Nirwasita Tantra

×

Kota Padang Menoreh Sejarah Baru dengan Penghargaan Bergengsi Green Leadership Nirwasita Tantra

Bagikan berita
Kota Padang Menoreh Sejarah Baru dengan Penghargaan Bergengsi Green Leadership Nirwasita Tantra (Foto: Dok.Istimewa)
Kota Padang Menoreh Sejarah Baru dengan Penghargaan Bergengsi Green Leadership Nirwasita Tantra (Foto: Dok.Istimewa)

KONGKRIT.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, berhasil membawa Kota Padang meraih penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan tersebut diterima pada Rabu, 18 September 2024 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Nirwasita Tantra diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kepala daerah yang dinilai mampu menunjukkan kepemimpinan luar biasa dalam merumuskan serta menerapkan kebijakan strategis di bidang lingkungan hidup.

Andree Algamar dinilai memenuhi kriteria utama penghargaan ini, yakni kebijakan yang pro-lingkungan, inovasi, peningkatan kualitas lingkungan, serta partisipasi aktif masyarakat.

Prestasi ini menunjukkan keseriusan Kota Padang dalam mengatasi berbagai persoalan lingkungan.

Dalam sambutannya usai menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya, Andree menyampaikan rasa terima kasihnya atas pengakuan yang diberikan terhadap upaya Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

"Terima kasih kepada Ibu Menteri dan jajaran KLHK atas apresiasi ini. Kota Padang sudah menjalankan sejumlah program lingkungan seperti Padang Bagoro, Bank Sampah, dan program 1 Rumah 1 Kompos. Dengan penghargaan ini, kami semakin terdorong untuk terus konsisten dalam upaya menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, Andree juga mengapresiasi peran serta seluruh elemen masyarakat dan jajaran Pemko Padang dalam mendukung program-program lingkungan yang telah dijalankan.

"Penghargaan ini tidak lepas dari dukungan seluruh masyarakat Kota Padang yang telah aktif berpartisipasi. Ini adalah penghargaan untuk kita semua," tambahnya.

Kota Padang menjadi satu-satunya kota di luar Pulau Jawa yang berhasil mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra dalam kategori kota besar, mendampingi Kota Surabaya dan Kota Bogor. Keberhasilan ini menegaskan komitmen Kota Padang dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menjadi contoh bagi kota-kota lainnya di Indonesia.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini