Jelang Penilaian Adipura 2024, DLH Solok Berbenah di Kolam Lindi dan TPA

×

Jelang Penilaian Adipura 2024, DLH Solok Berbenah di Kolam Lindi dan TPA

Bagikan berita
Jelang Penilaian Adipura 2024, DLH Solok Berbenah di Kolam Lindi dan TPA (Foto: Dok.Istimewa)
Jelang Penilaian Adipura 2024, DLH Solok Berbenah di Kolam Lindi dan TPA (Foto: Dok.Istimewa)

KONGKRIT.COM - Jelang penilaian Adipura 2024, Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memperkuat upaya pembenahan di berbagai titik penilaian.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah membersihkan dan merapikan Kolam Lindi serta Sumur Pantau di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) regional.

Untuk itu, DLH menurunkan Pasukan Kuning pada Jumat, 13 September 2024 guna memastikan kebersihan area tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Edrizal, menjelaskan bahwa Kolam Lindi menjadi salah satu lokasi yang masuk dalam penilaian Adipura oleh tim dari Pemerintah Pusat.

"Ada tiga komponen utama dalam penilaian Adipura, yaitu kebersihan, pengelolaan sampah, dan keindahan. Maka, sangat penting bagi kita untuk terus menjaga kebersihan dan keindahan tempat-tempat ini," ujarnya.

Menurut Edrizal, meskipun kegiatan pembersihan dan perawatan rutin dilakukan, kali ini pihaknya meningkatkan intensitas upaya kebersihan karena bertepatan dengan persiapan penilaian Adipura.

"Kami ingin memastikan Kota Solok bisa meraih penghargaan Adipura 2024. Karena itu, kami bekerja lebih giat untuk meningkatkan kebersihan dan pengelolaan lingkungan," tambahnya.

Lebih lanjut, Edrizal mengungkapkan bahwa beberapa aspek di TPA Kota Solok yang perlu dibenahi meliputi kebersihan drainase, penataan ternak sapi yang berkeliaran di sekitar lokasi, pagar pembatas yang ditumbuhi semak, serta perawatan Kolam Lindi yang sebelumnya kurang terjaga kebersihannya.

Dengan upaya pembenahan yang berkelanjutan, DLH berharap Kota Solok bisa meningkatkan nilai dalam penilaian Adipura tahun ini dan berhasil meraih penghargaan tersebut sebagai bentuk komitmen dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini