Peringati Harhubnas 2024, Kota Solok Raih Penghargaan Bergengsi Piala Wahana Tata Nugraha

×

Peringati Harhubnas 2024, Kota Solok Raih Penghargaan Bergengsi Piala Wahana Tata Nugraha

Bagikan berita
Peringati Harhubnas 2024, Kota Solok Raih Penghargaan Bergengsi Piala Wahana Tata Nugraha (Foto: Dok.Istimewa)
Peringati Harhubnas 2024, Kota Solok Raih Penghargaan Bergengsi Piala Wahana Tata Nugraha (Foto: Dok.Istimewa)

KONGKRIT.COM - Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, meraih penghargaan bergengsi dalam peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-54 yang berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat pada Selasa, 17 September 2024.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, atas prestasi Kota Solok dalam mengelola sistem transportasi perkotaan yang diakui melalui Piala Wahana Tata Nugraha, kategori Kota Kecil, dengan penilaian kinerja tertinggi.

Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia dalam ajang penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024, sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian Kota Solok dalam menciptakan sistem transportasi yang terintegrasi, aman, dan ramah lingkungan.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Sekda Provinsi Sumatera Barat, Hansastri, perwakilan kepala daerah lainnya seperti Bupati Pesisir Selatan, Bupati Solok, Bupati Tanah Datar, Wali Kota Payakumbuh, serta para pejabat OPD lingkup Pemprov Sumbar dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi membacakan pesan dari Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, yang menekankan pentingnya Hari Perhubungan Nasional sebagai momen refleksi atas kemajuan di sektor transportasi selama 10 tahun terakhir.

Tema Harhubnas tahun ini, "Transportasi Maju, Nusantara Baru," sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan Indonesia Maju, Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian, yang salah satunya diwujudkan melalui pembangunan konektivitas di seluruh wilayah Indonesia.

"Pembangunan sektor transportasi yang berfokus pada paradigma Indonesia Sentris telah berhasil menghubungkan berbagai wilayah di luar Pulau Jawa, termasuk pembangunan kereta api di Sulawesi, 23 bandara baru di luar Jawa, serta ratusan pelabuhan di pulau-pulau terluar," ujar Mahyeldi dalam pidatonya.

Ia juga menyebutkan keberhasilan Indonesia dalam menerapkan teknologi kereta cepat, yang menjadi yang pertama di Asia Tenggara, serta inovasi transportasi ramah lingkungan seperti Lintas Raya Terpadu (LRT) dan Autonomous Rail Rapid Transit (ART) yang sudah dinikmati masyarakat di beberapa kota besar.

Di akhir sambutannya, Mahyeldi memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkolaborasi dalam memajukan sektor transportasi di Indonesia.

"Terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang terus berkomitmen meningkatkan pelayanan transportasi demi kenyamanan dan kemudahan masyarakat," tutupnya.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini