Pencalonan Adi Gunawan-Romi Gagal, Nasdem dan PKS Kembali ke Annisa-Leli

×

Pencalonan Adi Gunawan-Romi Gagal, Nasdem dan PKS Kembali ke Annisa-Leli

Bagikan berita
Pencalonan Adi Gunawan-Romi Gagal, Nasdem dan PKS Kembali ke Annisa-Leli (Foto: Dok.Istimewa)
Pencalonan Adi Gunawan-Romi Gagal, Nasdem dan PKS Kembali ke Annisa-Leli (Foto: Dok.Istimewa)

Kembali Mendukung Annisa-Leliarni

Setelah mencabut dukungan, PKS kemudian mengembalikan dukungannya kepada pasangan Annisa Suci Ramadhani dan Leliarni, yang sebelumnya telah diusulkan sebagai calon bupati dan wakil bupati Dharmasraya oleh sembilan partai politik lainnya.

Nasdem juga menyatakan dukungan yang sama melalui surat pembatalan tersebut.

Proses Panjang Pencalonan Adi Gunawan-Romi Siska Putra

Pada Pemilu 2024, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meraih enam kursi di DPRD Dharmasraya, menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak.

Menyusul di belakangnya adalah Partai Golkar dan PAN dengan masing-masing lima kursi. Sementara itu, PKS dan Nasdem hanya memperoleh satu kursi masing-masing.

Selama masa pendaftaran pasangan calon kepala daerah untuk Pilkada 2024, sembilan partai besar mendukung Annisa Suci Ramadhani dan Leliarni, meninggalkan Nasdem yang awalnya tidak bergabung.

Karena hanya ada satu pasangan calon yang didaftarkan, KPU Dharmasraya memperpanjang masa pendaftaran sesuai dengan perintah KPU RI.

Namun, pada perpanjangan waktu pendaftaran tanggal 2-4 September 2024, pasangan Adi Gunawan-Romi Siska Putra tidak bisa mendaftar karena akun Sistem Informasi Pencalonan (Silon) tidak diberikan kepada mereka.

Hal ini terjadi karena belum jelasnya aturan terkait pembatalan dukungan partai.

Pasangan Adi-Romi kemudian mengajukan gugatan ke Bawaslu yang memutuskan agar KPU Dharmasraya menerima pendaftaran mereka.

Akhirnya, pendaftaran dibuka kembali, dan pasangan ini didaftarkan oleh PKS dan Nasdem.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini