Pencalonan Adi Gunawan-Romi Gagal, Nasdem dan PKS Kembali ke Annisa-Leli

×

Pencalonan Adi Gunawan-Romi Gagal, Nasdem dan PKS Kembali ke Annisa-Leli

Bagikan berita
Pencalonan Adi Gunawan-Romi Gagal, Nasdem dan PKS Kembali ke Annisa-Leli (Foto: Dok.Istimewa)
Pencalonan Adi Gunawan-Romi Gagal, Nasdem dan PKS Kembali ke Annisa-Leli (Foto: Dok.Istimewa)

KONGKRIT.COM – Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi membatalkan pengusulan Adi Gunawan dan Romi Siska Putra sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Dharmasraya untuk Pilkada serentak 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dharmasraya, France Putra, mengonfirmasi hal tersebut melalui telepon pada Minggu pagi.

Ia menjelaskan bahwa pembatalan ini dilakukan setelah kedua partai mengirimkan surat resmi ke KPU RI, yang kemudian diteruskan ke KPU Dharmasraya sebagai bagian dari proses klarifikasi persyaratan pencalonan.

Menurut France, langkah ini diambil karena PKS telah memberikan dukungan kepada pasangan calon lain pada tahap pendaftaran tanggal 27-29 Agustus 2024.

Surat pembatalan pertama kali diterima dari PKS, yang kemudian segera disusul dengan rapat pleno oleh KPU Dharmasraya untuk menindaklanjuti.

"Kami langsung mengadakan rapat pleno setelah menerima surat pembatalan dari PKS," ungkap France.

Karena dengan pembatalan ini, pasangan Adi Gunawan-Romi Siska Putra tak lagi memenuhi syarat minimal perolehan suara sah sebesar 10 persen dari total suara sah Pemilu 2024, atau setidaknya 13.771 suara sah.

Setelah keputusan rapat pleno, surat pembatalan juga diterima dari Partai Nasdem.

PKS mencabut dukungan melalui Surat No. 897/SKEP/DPP-PKS/2024 yang ditandatangani oleh Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, dan Sekjen Aboe Bakar Alhabsyi pada 12 September 2024.

Sementara, Nasdem juga mencabut dukungannya melalui Surat Keputusan No. 603-Kpts/PPC/DPP-NasDem/IX/2024 yang ditandatangani oleh Ketua Umum Surya Paloh dan Sekjen Hermawi Franziskus Taslim, lengkap dengan cap dan materai resmi.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini