Penutupan Bimtek Smart City, Walikota Solok Tanda Tangani Komitmen Menuju Transformasi Digital

×

Penutupan Bimtek Smart City, Walikota Solok Tanda Tangani Komitmen Menuju Transformasi Digital

Bagikan berita
Penutupan Bimtek Smart City, Walikota Solok Tanda Tangani Komitmen Menuju Transformasi Digital (Foto: Dok.Istimewa)
Penutupan Bimtek Smart City, Walikota Solok Tanda Tangani Komitmen Menuju Transformasi Digital (Foto: Dok.Istimewa)

KONGKRIT.COM — Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sukses menggelar rangkaian Asistensi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Smart City, yang berujung pada penandatanganan komitmen bersama.

Acara puncak ini berlangsung pada Kamis, 12 September 2024, bertempat di Akmal Room Bappeda Kota Solok, yang secara resmi ditutup oleh Walikota Solok, Zul Elfian Umar.

Bimtek Tahap IV ini menjadi langkah akhir dari proses penyusunan masterplan Smart City yang telah berjalan sejak Juni 2024.

Kegiatan ini juga melibatkan berbagai pihak penting, termasuk tenaga ahli dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang berasal dari Universitas Gadjah Mada (UGM), perwakilan Ditjen Aptika Kementerian Kominfo, serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pemangku kepentingan lainnya.

Dalam sambutannya, Walikota Zul Elfian Umar mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kominfo atas kepercayaan yang diberikan kepada Kota Solok.

"Kami berterima kasih kepada Kementerian Kominfo yang telah memberikan kesempatan bagi Kota Solok untuk menjadi salah satu daerah yang mendapatkan asistensi Smart City. Harapan kami, program ini akan memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat Kota Solok," ujar Zul Elfian Umar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Solok, Heppy Dharmawan, juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses ini. Ia menyebutkan bahwa masterplan ini diharapkan dapat membawa Kota Solok sejajar dengan kota-kota cerdas lainnya di Indonesia.

"Terima kasih kepada semua tenaga ahli dan OPD yang telah bekerja keras dalam penyusunan masterplan ini. Semoga hasil kerja keras kita semua dapat memajukan Kota Solok menjadi kota yang cerdas dan berdaya saing," kata Heppy.

Penutupan Bimtek ini turut dihadiri oleh tenaga ahli dari UGM, Prof. Dr. Wahyudi Kumorotomo, yang menyampaikan pentingnya program Smart City tidak hanya sebatas mengikuti tren teknologi, namun harus fokus pada peningkatan kualitas hidup warga.

"Kami berharap, apa yang telah kita susun bersama selama ini benar-benar bisa menjadi alat yang efektif untuk menciptakan Kota Solok yang cerdas dan berkelanjutan," jelas Wahyudi.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini