Wakil Wali Kota Solok Tinjau Cath Lab di RSUD M. Natsir, Tingkatkan Akses Pelayanan Jantung di Sumbar

×

Wakil Wali Kota Solok Tinjau Cath Lab di RSUD M. Natsir, Tingkatkan Akses Pelayanan Jantung di Sumbar

Bagikan berita
Wakil Wali Kota Solok Tinjau Cath Lab di RSUD M. Natsir, Tingkatkan Akses Pelayanan Jantung di Sumbar (Foto: Dok.Istimewa)
Wakil Wali Kota Solok Tinjau Cath Lab di RSUD M. Natsir, Tingkatkan Akses Pelayanan Jantung di Sumbar (Foto: Dok.Istimewa)

KONGKRIT.COM - Wakil Wali Kota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, meninjau pelayanan serta fasilitas Cath Lab (Catheterization Laboratory) di RSUD M. Natsir pada Jumat, 13 September 2024.

Cath Lab merupakan layanan yang menyediakan prosedur kateterisasi jantung dan angiografi, sebuah tindakan invasif untuk diagnosis penyakit jantung.

Prosedur ini menggunakan teknologi sinar-X untuk menampilkan gambaran pembuluh darah dengan sangat detail, memungkinkan dokter untuk mendeteksi masalah seperti penyumbatan, penyempitan, atau pelebaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh, termasuk jantung.

Keakuratan alat Cath Lab menjadi keunggulan dalam mendukung berbagai tindakan medis, salah satunya Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA), yang merupakan prosedur untuk membuka pembuluh darah yang tersumbat tanpa operasi besar.

Dengan adanya teknologi ini, dokter di RSUD M. Natsir dapat melakukan intervensi jantung yang sebelumnya harus dirujuk ke rumah sakit lain.

Dalam kunjungannya, Wakil Wali Kota Ramadhani mengungkapkan apresiasi dan terima kasihnya kepada Kementerian Kesehatan RI atas bantuan yang sangat bermanfaat ini.

"Kami berterima kasih kepada Kemenkes atas dukungan yang diberikan. Kehadiran layanan Cath Lab di RSUD M. Natsir akan memberikan dampak signifikan bagi kesehatan masyarakat, khususnya dalam menangani penyakit jantung," ujar Ramadhani.

Ia menambahkan bahwa layanan Jantung Intervensi ini diharapkan mampu meningkatkan harapan hidup pasien jantung dan mengurangi angka kematian akibat penyakit jantung di Sumatera Barat.

"Ini adalah langkah maju yang menegaskan komitmen kita dalam peningkatan pelayanan kesehatan di wilayah Sumbar," tambahnya.

Kehadiran fasilitas yang lebih canggih ini memungkinkan RSUD M. Natsir memberikan layanan medis yang lebih komprehensif bagi pasien jantung, tanpa harus merujuk mereka ke rumah sakit di luar wilayah.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini