Peringati Gempa 30 September, Padang Gelar Hari Kesiapsiagaan Bencana

×

Peringati Gempa 30 September, Padang Gelar Hari Kesiapsiagaan Bencana

Bagikan berita
Peringati Gempa 30 September, Padang Gelar Hari Kesiapsiagaan Bencana (Foto: Dok.Istimewa)
Peringati Gempa 30 September, Padang Gelar Hari Kesiapsiagaan Bencana (Foto: Dok.Istimewa)

KONGKRIT.COM - Peringatan gempa bumi 30 September 2009 di Kota Padang tahun ini terasa berbeda.

Selain mengenang tragedi yang menelan banyak korban, Pemerintah Kota Padang juga menjadikan momen ini sebagai bagian dari Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tingkat Kota Padang, dengan serangkaian kegiatan edukatif dan partisipatif.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Padang mengadakan rapat persiapan HKB Kota Padang di Aula Abu Bakar Jaar, Balai Kota Padang, Aie Pacah, Jumat, 13 September 2024.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Padang, Andree Algamar, selaku pimpinan rapat, menyampaikan bahwa tahun ini acara akan diselenggarakan dengan konsep yang berbeda.

"Kami akan kembali memperingati gempa bumi yang terjadi 15 tahun lalu dengan nuansa baru. Selain mengundang Kepala BNPB, kami juga akan menggelar seminar, lomba, dan melibatkan pelajar Kota Padang," ujarnya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat, terutama generasi muda, tentang pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana.

"Melalui peringatan gempa bumi 30 September ini, kami berharap masyarakat dapat memetik pelajaran berharga dan selalu siap menghadapi berbagai potensi bencana," tambah Andree.

Sebagai pengingat, pada 30 September 2009, gempa bumi berkekuatan 7,6 skala Richter mengguncang Sumatera Barat.

Kota Padang menjadi salah satu daerah yang terdampak paling parah, dengan ribuan bangunan runtuh, infrastruktur rusak, dan ratusan korban jiwa.

Tragedi ini meninggalkan luka mendalam bagi warga Kota Padang, sehingga setiap tahunnya pemerintah menggelar kegiatan untuk mengenang peristiwa tersebut.

Editor : MH 006
Bagikan

Berita Terkait
Terkini