Aia Manggih Selatan Festival 2024, Perayaan Budaya Lokal yang Memikat di HUT RI ke-79

×

Aia Manggih Selatan Festival 2024, Perayaan Budaya Lokal yang Memikat di HUT RI ke-79

Bagikan berita
Aia Manggih Selatan Festival 2024, Perayaan Budaya Lokal yang Memikat di HUT RI ke-79
Aia Manggih Selatan Festival 2024, Perayaan Budaya Lokal yang Memikat di HUT RI ke-79

KONGKRIT.COM - Nagari Aia Manggih Selatan, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, menjadi pusat perhatian dengan penyelenggaraan Aia Manggih Selatan Festival 2024 dalam rangka memperingati HUT RI ke-79. Acara yang digelar di Arena Olahraga Bola Volly Kamboja, Jorong Ambacang Anggang, ini berlangsung meriah, menghadirkan berbagai kegiatan yang menggali potensi budaya lokal dan kreativitas anak muda.

Festival ini merupakan gagasan Mahasiswa KKN 50 UIN Imam Bonjol Padang yang berkolaborasi dengan Karang Taruna Aia Manggih Selatan, Mahasiswa ITS Khatulistiwa Lubuk Sikaping, serta didukung penuh oleh Pemerintah Nagari dan Camat Lubuk Sikaping. Wali Nagari Aia Manggih Selatan, Herizon, yang sebelumnya merupakan seorang wartawan, memuji kolaborasi lintas elemen ini sebagai bentuk nyata pelestarian budaya yang harus terus dipertahankan.

"Kegiatan ini tidak hanya untuk memeriahkan HUT RI ke-79, tetapi juga sebagai upaya melestarikan nilai-nilai budaya lokal agar tidak punah. Kami melihat antusiasme masyarakat yang sangat tinggi, dan banyak nilai positif yang didapat dari festival ini. Oleh karena itu, kami berencana menjadikan Aia Manggih Selatan Festival sebagai acara tahunan," ujar Herizon.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Kepala Disparporabud Kabupaten Pasaman, Ade Harlen, Camat Lubuk Sikaping, serta Ketua Bamus dan Ketua TP PKK Nagari Aia Manggih Selatan. Partisipasi aktif dari masyarakat juga terlihat melalui pemasangan umbul-umbul, penghiasan, dan pembersihan lingkungan, yang membuat nagari ini semakin indah.

Hidayatul Fikri, Ketua KKN 50 UIN Imam Bonjol Padang, dalam laporannya mengungkapkan kebanggaannya atas suksesnya festival ini.

"Sejarah mencatat bahwa Nagari Aia Manggih Selatan telah melaksanakan event besar yang melibatkan semua elemen masyarakat. Dengan kegiatan ini, pertumbuhan ekonomi setempat juga semakin cepat," jelas Fikri.

Festival ini juga menjadi momen perpisahan bagi mahasiswa KKN 50 UIN Imam Bonjol Padang setelah 40 hari mengabdi di nagari tersebut. Fikri mengucapkan terima kasih kepada Wali Nagari, Karang Taruna, dan seluruh masyarakat yang telah mendukung keberhasilan acara ini.

Salah seorang pedagang lokal, Bujang, berharap festival ini dapat dilanjutkan setiap tahunnya.

"Semoga kegiatan festival ini terus berlanjut, sehingga nagari kita semakin ramai dan bisa membantu meningkatkan aktivitas perdagangan," harapnya.

Editor : HN. Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini